Restu Satria Dharma akan kembali ke panggung kompetisi Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Siswa SMPN 2 Tengaran itu akan bersaing dalam nomor 800 meter putra. Menurut guru PJOK SMPN 2 Tengaran, Restu Aji Wicaksono, ini akan menjadi kedua kalinya bagi Restu Satria bersaing di SAC Indonesia 2023.

Pada penyelenggaraan Central Java Qualifiers 2022, Restu Satria berhasil finis di urutan kelima babak final 800 meter putra. Ia mencatatkan perolehan waktu 2 menit 22,46 detik. Tentunya, Restu Satria ingin mempertajam waktunya dalam SAC Indonesia 2023. "Dia untuk manargetkan juara pertama itu melakukan latihan lari setiap hari," kata Restu Aji, gurunya.

Restu Satria Dhrama (nomor 180) sebelum melakoni babak final dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022-Central Java Qualifiers

Selain berlatih, Restu Satria juga mengikuti berbagai kompetisi tingkat daerah kabupaten dan provinsi agar menambah pengalamannya. Ia telah rutin berkompetisi dalam atletik sejak kelas 5 SD. Bahkan menyabet beberapa gelar juara di kompetisi tersebut.

"Sebenarnya SAC Indonesia ini juga menjadi salah satu ruang Restu Satria untuk menambah jam terbangnya. Khususnya dalam nomor lari jarak menengah. Memang seorang atlet kan membutuhkan banyak pengalaman," lanjut Restu Aji. 

SMPN 2 Tengaran tentunya sangat mendukung keikutsertaan Restu Satria dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023. Pasalnya, kompetisi ini dapat menjadi penggalian bakat dan minat seorang pelajar. Jajaran guru dari SMPN 2 Tengaran pun selalu motivasi Restu Satria agar dapat bersaing dengan maksimal. 

"Dengan adanya event ini, nanti akan ditemukan banyak bakat anak muda di cabor atletik. Mungkin anak-anak tersebut akan menjadi wakil Indonesia di berbagai kompetisi dunia, misalnya SEA Games. Apalagi, atletik kan cukup penting dalam berbagai cabang olahraga yang lain. Lari misalnya, itu kan digunakan juga dalam basket dan sepakbola," lanjut Restu Aji. 

Baca Juga: Kembali Bersaing di SAC Indonesia, Katarina Rindu Lomba Disaksikan Jokowi

Kendrick akan berlaga dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, yang akan digelar di Stadion Arcamanik, Bandung. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan diselenggarakan pada 22-24 September 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

 

  RELATED ARTICLES