Katarina Devi Dhurandhari Hayun Gupita saat bersaing dalam Energen Champion SAC National Championship 2022, di Stadion Madya, GBK,

Registrasi Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers telah dibuka. Para pelajar dan sekolah di Jawa Timur telah berlomba-lomba untuk mendaftar. Salah satunya adalah Katarina Devi Dhurandhari Hayun Gupita. Siswi SMAN 18 Surabaya yang sebelumnya berhasil melesat ke babak National Championship 2022. 

Dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 East Java Qualifiers, Katarina sukses menempati posisi runner up untuk lompat jauh putri. Saat itu, ia mencatatkan jarak lompatan sejauh 4,5 meter dan menjadi delegasi sekolah di babak nasional. Sayang, dirinya belum memiliki kesempatan meraih titel Champion SAC. 

Karena mengantongi pengalaman sebagai finalis di National Championship dan belum mendapatkan juara, Katarina termotivasi mencoba Energen Champion SAC Indonesia di tahun kedua penyelenggaraan. "Ada dukungan dari keluarga dan teman-teman. Jadi karena ada kesempatan juga akhirnya saya ikut kembali," ungkap Katarina. 

Menjelang gelaran musim baru, Katarina mengaku persiapannya sudah matang. Bahkan ada peningkatan jarak lompatan. "Kemarin setelah National Championship banyak evaluasi. Yang perlu diperbaiki daya tahan, speed, teknik menggantung di udara. Juga recovery, makan bergizi dan istirahat yang cukup, benar-benar diperhatikan tahun ini," lanjutnya. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Apresiasi Gelaran Energen Champion SAC Indonesia

Dengan kesuksesan Energen Champion SAC Indonesia 2023, Katarina mengaku persaingan tahun ini akan lebih ketat. Khususnya untuk Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. "Apalagi yang tingkat SMP ya, pasti banyak sudah terlatih juga. Terus mereka akhirnya bersaing tahun ini," kata Katarina. 

Katarina juga mengaku rindu dengan atmosfer perlombaan di Energen Champion SAC Indonesia. Apalagi, Presiden RI Joko Widodo beserta jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju turut hadir dalam gelaran National Championship, yang diselenggarakan di Stadion Madya GBK, Jakarta, Januari lalu.

"Seneng sih bisa kembali ikut SAC Indonesia. Dan mungkin keikutsertaan tahun ini juga karena ada rasa kangen. Khususnya sama teman-teman yang kemarin bersaing di National Championship. Lalu kangen juga lomba disaksikan dengan Pak Joko Widodo," terang Katarina. 

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikut SAC Indonesia

Katarina Devi akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan diadakan di Surabaya. Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers akan berlangsung pada 3-5 November. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES