Tegar Raditya (depan) saat bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia-West Java Qualifiers

Tegar Raditya akan kembali bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Siswa SMAN 1 Cimahi itu akan turun di nomor lari jarak menengah 1.000 meter putra. Menurut Tegar, ini akan menjadi kali kedua baginya berkompetisi di kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu. 

"Tahun kemarin masih banyak kurangnya. Misalnya, istirahat tidak teratur, terus kurang latihan. Karena tahun ini diberi kesempatan lagi, semoga bisa lebih baik dan bisa meraih juara," kata Tegar. 

Keikutsertaan Tegar dalam SAC Indonesia tak lepas dari bantuan sang kakak, Stella Cheny. Sejak penyelenggaraan musim pertama, Stella adalah sosok yang begitu berperan dalam hal pendaftaran. Tak terkecuali pada musim kedua ini. Selain itu, Stella juga menjadi booster penyemangat bagi Tegar

"Untuk kompetisi SAC Indonesia yang pertama, kebetulan dia ada trouble. Jadi belum ada kesempatan masuk 10 besar. Nah, karena tahun ini SAC Indonesia ada lagi, dia excited dan minta ke saya untuk mendaftar lagi," kata Stella. 

SAC Indonesia sebenarnya bukan kompetisi atletik pertama bagi Tegar. Pelajar yang bercita-cita menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu telah beberapa kali mengikuti perlombaan atletik sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Terakhir, Tegar menjadi juara O2SN di tingkat Kota Cimahi, pada Juni 2023 lalu. 

"Mungkin karena habis juara di O2SN, kepercayaan dirinya itu bertambah. Lalu kan dia pengen jadi TNI, saya beberapa kali bilang ke dia, kalau mau jadi TNI harus ada prestasi di bidang non akademik. Maka dari itu, sekarang dia mengejar prestasi atletik," lanjut Stella. 

Tegar berlatih rutin hampir setiap hari. Terutama untuk meningkatkan endurance-nya. Apalagi, ia akan berkompetisi di nomor lari jarak menengah. Yang membutuhkan ketahanan tubuh lebih lama. 

Kecintaan Tegar pada atletik bukan hanya tercermin dari latihannya yang keras. Menurut Stella, ketika di rumah pun, ia seringkali menonton kompetisi atletik di YouTube. "Dia itu kalau di rumah ya, nontonnya perlombaan lari gitu. Beda banget sama saya, yang sukanya drama Korea hahaha," kelakar Stella. 

Baca Juga: Mengenal National Championship, Babak Puncak Energen Champion SAC Indonesia

Nantinya Tegar Raditya akan tampil dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, yang digelar pada 22-24 September 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar itu akan diselenggarakan di GOR Arcamanik, Bandung. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES