Pendaftaran Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 Central Java Qualifiers telah dibuka. Periode registrasi akan berlangsung pada 27 Juli-29 Oktober. Sementara untuk penyelenggaraan Central Java Qualifiers akan berlangsung pada 10-12 November 2023. Buat kamu yang masih ragu buat daftar, simak beberapa keseruan Central Java Qualifiers tahun lalu:

1. Diikuti oleh 2,000 Pelajar 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia sukses menggandeng lebih dari 2,000 sekolah dan 31,000 pelajar. Nah, di Central Java Qualifiers sendiri ada sebanyak 2,000 pelajar yang ikut. Tentunya, keseruan yang sama akan terjadi lho di penyelenggaraan musim 2023. 

2. Rumah Bagi Tiga Rekor Energen Champion SAC Indonesia 

Pelajar Energen Champion SAC Indonesia 2022 Central Java Qualifiers mendominasi rekor SAC Indonesia. Yakni, tolak peluru putri yang diperoleh oleh Syalsabila Aprilianti dari SMAN 3 Tegal, Aziyyati Dina Amalina dari SMAN 1 Pabelan dan nomor estafet 4x100 meter putri dari SMKN 1 Bawang. Bahkan, pemegang rekor dari Central Java Qualifiers itu juga menjadi juara di babak National Championship, lho

3. Diselenggarakan di Lokasi Bersejarah Bagi Warga Semarang

Energen Champion SAC Indonesia digelar di Gedung Olah Raga Tri Lomba Juang, Semarang, Jawa Tengah. Gedung tersebut dibuka pada 14 Oktober 1972. Gedung yang diresmikan untuk memperingati Peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang ini sangat luas. Tri Lomba Juang dapat menampung pengunjung hingga ribuan, dengan aneka fasilitas jenis olahraga baik indoor maupun outdoor. Tri Lomba Juang bahkan sering dipilih sebagai rumah banyak penyelenggaraan kompetisi atletik, lho

4. Belajar Langsung dengan Atlet Nasional 

Jawa Tengah juga dikenal memiliki prestasi luar biasa di cabang olahraga atletik. Suryo Agung Wibowo, juara 100 meter putra dalam SEA Games 2011 dengan catatan terbaik 10,7 detik juga lahir di Jawa Tengah. Tepatnya di Kota Surakarta.

Selain Suryo Agung Wibowo, atlet atletik lain yang tak kalah mentereng prestasinya adalah Krisna Wahyu Permana. Atlet tolak peluru putra itu mewakili Jawa Tengah di PON XX, Papua. 

Saat penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers, Krisna Wahyu Permana ikut serta. Karena Energen Champion SAC Indonesia memang diperuntukkan bagi pelajar non profesional, banyak pelajar yang baru mendapatkan pengalaman pertama dalam SAC Indonesia 2023. Di sini, Krisna Wahyu membantu memberikan contoh cara memulai perlombaan yang baik dan benar. 

Baca Juga: Energen Champion SAC Indonesia Kembali Hadir di Jateng, Buruan Daftar!

5. Ditonton oleh Lebih dari 5.000 Orang

Energen Champion SAC Indonesia 2022 Central Java Qualifiers disaksikan oleh lebih dari 5.000 orang dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa ikut serta menyaksikan kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia ini.

Nah, itu beberapa keseruan dari Energen Champion SAC Indonesia 2022-Central Java Qualifiers tahun lalu. Gimana, sudah nggak ragu kan? 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES