Keseruan roadshow Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers di SMAN 9 Semarang

SMAN 9 Semarang kedatangan tamu istimewa, Senin, 13 November 2023. Yakni roadshow Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Total sebanyak 1184 pelajar ikut serta dalam pra event dari kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut. Yang akan diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah. Tepatnya pada 24-26 November 2023. 

Menurut guru PJOK SMAN 9 Semarang Pryo Hutomo, M.Pd, roadshow SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers dapat mendekatkan pelajar terhadap acara tersebut. Apalagi, banyak pelajar di SMAN 9 Semarang yang belum mengetahui terkait SAC Indonesia. 

"Roadshow tadi sangat meriah, bagus sekali dan sangat membantu untuk mengenalkan anak-anak terhadap kegiatan SAC. Terlebih lagi SAC Indonesia ini dua tahun. Dan menurut saya sangat bagus ya dibandingkan dengan event-event yang lain. Anak-anak jadi paham kegiatan atletik itu seperti apa," terang Pryo Hutomo. 

Baca Juga: Registrasi Online SAC Central Java Qualifiers Masih Dibuka, Begini Caranya

Selain pengenalan dalam olahraga atletik, roadshow Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers juga mengajak SMAN 9 Semarang untuk berani tampil di depan umum. Salah satunya adalah penampilan dance dari sekolah. 

Ini merupakan tahun kedua dari penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Yang diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah. "Musim kemarin kami sudah mengikuti. Musim ini tentunya kami akan mengirimkan delegasi. Kalau tahun lalu ada 20 orang, musim ini kurang lebih sama," kata Pryo. 

SMAN 9 Semarang memiliki target untuk masing-masing personal best (PB) para pelajar. Belum mengarah pada podium. "Hanya saja tekankan supaya tidak membebankan mereka, maka saya tekankan targetnya adalah best time pribadi, ada progres dari anak-anak. Juara ya sangat senang, kalau belum nggak apa-apa," terang Pryo. 

Pryo sebenarnya mengapresiasi Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Menurutnya, kegiatan ini dapat menyalurkan kegiatan dan bakat anak-anak. "Di Jawa Tengah banyak bakat-bakat atletik. Apabila ditemukan oleh SAC tentunya jadi poin plus. Mencari bibit-bibit muda untuk Indonesia ke depannya," lanjut Pryo. 

Baca Juga: Deretan Sekolah Terjauh yang Akan Mengikuti Central Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers diikuti oleh ratusan sekolah dan ribuan pelajar di Jawa Tengah. Kompetisi atletik pelajar terbesar itu diselenggarakan pada 24-26 November 2023.

Central Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan East Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES