SMPN 2 Sariwangi akan debut di Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Sekolah tersebut akan diwakili Rahma Nur Pitriani untuk nomor tolak peluru putri. Menurut Muhammad Sidik, pelatih dari Rahma Nur Pitriani, anak didiknya begitu antusias mengikuti Energen Champion SAC Indonesia 2023. 

Rahma merupakan pelajar yang punya tekad kuat. Saat libur sekolah pun, Rahma tetap berangkat ke sekolah untuk berlatih atletik. Padahal jarak antara sekolah dan rumah Rahma cukup jauh. Sekitar satu kilometer, yang ia tempuh dengan jalan kaki. 

"Semangat dan tekad yang kuat itulah menjadi modal Rahma untuk berlatih dan bisa meraih juara. Saya sebagai pelatih juga senang dan menyemangati dia agar tetap berlatih. Karena usaha kan tidak mengkhianati hasil," tutur Muhammad Sidik. 

Rahma sebenarnya mendalami olahraga voli. Namun, Muhammad Sidik melihat dia berpotensi untuk menggeluti nomor lempar.  Rahma baru menggeluti tolak peluru selama lima bulan. "Cuma dia ada bakat di atletik. Ketemunya saya dengan dia pas di acara O2SN. Minggu depan Rahma mengikuti Kejuaraan O2SN tingkat propinsi," kata Muhammad Sidik. 

Meskipun menurut Muhammad Sidik Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan lebih ketat, dirinya tetap optimistis. Apalagi melihat keseriusan Rahma dalam mempersiapkan diri. "Sampai latihan volinya ditinggalkan dulu. Dia benar-benar tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Ini juga tentunya pengalaman baru untuk Rahma," lanjutnya. 

Tak lupa, Muhammad Sidik juga mengapresiasi gelaran Energen Champion SAC Indonesia 2023. Menurutnya, kompetisi ini dapat menemukan bakat atlet dengan lebih mudah. Selain itu Muhammad Sidik juga berharap kalau Energen Champion SAC Indonesia 2023 memiliki kompetisi berjenjang seperti dengan level SMA. 

Baca Juga: Registrasi SAC Indonesia 2023 Sumatera dan West Java Dibuka, Cek Cara Daftarnya!

Rahma akan tampil di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, yang digelar di Stadion Arcamanik, Bandung. Kompetisi tersebut akan diselenggarakan mulai 22-24 September 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES