Joan Alexandria (kiri) saat latihan berlari

Joan Alexandria siap bersaing di Energen Champion Student Athletics Championships Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Siswi SMA Kesatuan Bogor itu akan mengikuti perlombaan nomor lari jarak pendek 100 meter putri. Menurut wakil kesiswaan SMA Kesatuan Bogor, Nursatria Vidya Adikrisna, ini akan menjadi pertama kalinya sekolah tersebut ikut serta. 

Joan akan menjadi satu-satunya wakil SMA Kesatuan Bogor. Siswi kelas XI itu begitu antusias mengikuti Energen Champion SAC Indonesia 2023. Bahkan Nursatria mengatakan Joan lah yang pertama kali meminta sekolah untuk ikut kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu. 

"Saya awalnya tanya ke dia bagaimana persiapannya? Dia bilang setiap pulang sekolah dia rutin berlatih di Gor Padjararan, Bogor. Itu menunjukkan Joan punya tekad yang kuat untuk menjuarai SAC, sehingga sekolah dengan senang hati mendaftarkan Joan," ungkap Nursatria. 

SMA Kesatuan Bogor begitu mengapresiasi minat Joan di bidang atletik. Sekolah tersebut berharap Joan dapat mencetak prestasi di Energen Champion SAC Indonesia 2023. Nantinya, prestasi Joan dapat menginspirasi siswa lainnya. "Bisa disebut Joan ini pendobrak, target kami Joan bisa masuk 5 besar," lanjut Nursatria. 

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikut SAC Indonesia

Untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023, Joan berlatih dengan cukup intens. Bahkan, Joan berlatih selama enam hari dalam seminggu. "Dia rajin sekali. Hanya Libur latihan di hari Minggu. Dengan usaha yang keras ini, saya yakin dia bisa memberikan hasil maksimal," terang Nursatria. 

Joan Alexandria akan bersaing di West Java Qualifiers, yang digelar pada 22-24 September 2023. Tahun ini, West Java Qualifiers akan kembali digelar di Stadion Arcamanik, Bandung. Kompetisi ini diharapkan dapat kembali menjaring siswa-siswi berprestasi di Jawa Barat. 

SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES