Start lari dalam final 100 meter putri di SAC Indonesia - Central Java Qualifiers

Student Athletics Championships (SAC) Indonesia merupakan kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia. Meskipun begitu, SAC Indonesia mengadopsi dan menerapkan peraturan yang telah ditetapkan oleh World Athletics Rules. Pasalnya, SAC Indonesia cukup serius untuk mengembangkan bakat para pelajar Indonesia di cabang olahraga atletik.

Karena SAC Indonesia diperuntukkan bagi peserta non atlet profesional, kali ini, sacindonesia.com akan membahas mengenai penggunaan start dalam SAC Indonesia 2023. 

Start Lari Jarak Pendek dalam 60 meter, 80 meter dan 100 meter

Dalam kompetisi SAC Indonesia perlombaan lari 60 meter, 80 meter dan 100 meter menggunakan start jongkok. Artinya, peserta SAC Indonesia akan menggunakan alat start block untuk memulai perlombaan. Penggunaan alat ini berfungsi untuk menahan badan atlet agar tidak mudah tergelincir saat akan memasuki lintasan lari. 

Dalam start jongkok, peserta memulai perlombaan dengan posisi jongkok. Aba-aba dalam memulai lari biasanya menggunakan pistol tembak. Saat mendengar suara tembakan "dor", peserta boleh melakukan lari. Peserta yang mendahului start akan mendapatkan sanksi dan bisa didiskualifikasi sesuai keputusan juri. 

Start dalam Lari Jarak Menengah 800 meter dan 1.000 meter

Tidak banyak detil yang perlu diperhatikan dalam start lari jarak menengah. Pasalnya, lari jarak menengah menggunakan start berdiri. Namun, tidak seperti lari jarak pendek, yang harus berada di lintasan sampai garis finis, peserta lari jarak menengah boleh berpindah lintasan. 

Pelari jarak menengah dengan nomor 800 meter dapat memilih lintasan setelah tikungan pertama dari garis start. Di sini, pelari sebaiknya mengambil posisi terbaik dengan mempertahankan kecepatan namun tetap terkontrol. Ini dilakukan agar energi pelari tidak habis di awal putaran.

Sementara, sama seperti lari 800 meter, lari jarak menengah dengan nomor 1.000 meter dapat memilih lintasan tidak lama setelah start dilakukan. Dalam lari 1.000 meter, peserta dapat berpindah lintasaan saat akan memasuki lintasan tempat kompetisi 100 meter. Meskipun begitu, peserta harus tetap berhati-hati saat berusaha untuk memilih lintasan terdalam. 

SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES