Andre Joskia Sihombing dan Mugia Abdullah saat berlatih untuk persiapan SAC Indonesia

Setelah menjuarai O2SN tingkat kabupaten, SMAN 4 Subang kini akan melebarkan sayapnya di cabang olahraga atletik. Sebanyak dua delegasi sekolah tersebut akan mengikuti Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Mereka adalah Mugia Abdullah untuk 100 meter putra dan Andre Joskia Sihombing untuk 1.000 meter putra. 

Menurut Ridwan Emnur Hidayat, guru PJOK sekolah tersebut, peserta dari SMAN 4 Subang memang telah memiliki bakat di bidang olahraga atletik. Apalagi, olahraga ini juga dipelajari dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). "Anak-anak memang sudah saya arahkan untuk berlatih atletik. Dan mereka yang telah memiliki bakat memang rajin berlatih," kata Ridwan.

SMAN 4 Subang merupakan sekolah yang terbilang baru berdiri. Usianya baru 5 tahun. Namun, sekolah tersebut tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan berkompetisi. Sehingga, ketika Energen Champion SAC Indonesia 2023 musim baru digelar, guru-guru olahraga SMAN 4 Subang langsung mendorong siswanya untuk mengikuti kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu. 

"Hitung-hitung untuk menambah pengalaman dan mengasah mental," tutur Ridwan. 

Meskipun sekolah baru, Ridwan telah memahami kalau persaingan atletik di Subang sendiri begitu ketat. Sehingga, ia memprediksi kalau Energen Champion SAC Indonesia 2023-West Java Qualifiers juga akan berisi para pelajar berpengalaman. Terlebih lagi, ada dua pelajar dari Jawa Barat yang sukses menjuarai Energen Champion SAC National Championship dan berhasil ke Australia Tour. 

Baca Juga: Jangan Lupa Daftar, Juara SAC Indonesia Bisa Training Camp ke Australia!

"Saya dan anak-anak optimistis bahwa bisa meraih medali dan bisa mengharumkan sekolah. Tetapi kalau anak-anak sudah bisa masuk 10 besar, saya juga tentunya bangga sekali. Nggak terlalu muluk-muluk," pungkas Ridwan. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES