Salah satu skuad MAN 2 Sidimpuan (kiri) bersaing dengan tim SMAN 1 Padangsidimpuan di final 4x100 meter putra Energen Champion SAC Indonesia - North Sumatera Qualifiers

MAN 2 Padangsidimpuan kembali targetkan National Championship pada gelaran Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023. Hal tersebut diungkapkan oleh pelatih dari MAN 2 Padangsidimpuan, Rian Handika. Karena menargetkan babak puncak, sekolah tersebut memiliki strategi baru dan akan mengirimkan beberapa delegasi di SAC Indonesia musim baru.

Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan ke babak National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship.

skuad estafet 4x100 meter putra dari MAN 2 Padangsidimpuan usai melakukan UPP di Energen Champion SAC Indonesia - North Sumatera Qualifiers 2022

Tahun lalu, MAN 2 Padangsidimpuan sukses meraih gelar runner up untuk nomor lari estafet 4x100 meter putra di Energen Champion SAC Indonesia - Noth Sumatera Qualifiers. Mereka akhirnya mewakili Sumatera Utara di babak National Championship. Sayangnya, MAN 2 Padangsidimpuan belum memiliki kesempatan untuk meraih gelar juara di tingkat nasional. 

Delegasi MAN 2 Padangsidimpuan saat berlatih untuk memprsiapkan diri di SAC Indonesia 2023

"Kekalahan di babak National Championship itu menjadi motivasi kami untuk kembali bersaing di SAC Indonesia 2023. Kami berharap bisa bangkit lagi untuk tahun ini. Dan kami sudah berlatih dengan intens," ungkap Rian. 

Baca Juga: Tim Putra SMAN 1 Padang Sidempuan Rebur Gelar Juara di Estafet 4x100 Meter

Meskipun kembali di SAC Indonesia 2023, MAN 2 Padangsidimpuan akan kembali dengan formasi yang berbeda tahun ini. Tidak akan ada lagi tim estafet. Mereka akan bersaing dalam nomor individu. "Kami memang sudah mempersiapkan SAC Indonesia dari jauh-jauh hari. Dan saya juga mendorong anak-anak untuk lebih aktif lagi berlatih tahun ini," lanjut Rian Handika. 

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

SAC Indonesia 2023 siap dimulai. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES