Student Athletics Championships (SAC) Indonesia kembali melanjutkan misinya menjaring bakat atletik anak-anak muda di Tanah Air. Digelar oleh PB PASI dan DBL Indonesia, SAC Indonesia siap menyelenggarakan musim keduanya di tahun 2023. Bersamaan dengan itu, PT Mayora Indah juga kembali menjadi partner utama kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut. 

PT Mayora Indah lewat brand Mayora selama ini dikenal dengan berbagai produsen makanan dan minuman berkualitas. Beberapa di antaranya memang hadir untuk memenuhi asupan gizi anak-anak Indonesia. Salah satunya adalah Energen Champion. Tahun ini, Mayora kembali memilih Energen Champion sebagai title partner SAC Indonesia 2023.  

Johan Muliawan, direktur PT Mayora Indah, mengatakan, pihaknya sangat bangga dapat ikut dan berkontribusi dalam program PB PASI dan DBL Indonesia untuk mencari bibit-bibit baru atletik muda Indonesia dalam program Energen Champion SAC Indonesia 2023.

"Semoga atlet-atlet muda calon juara dapat muncul dari kompetisi ini," kata Johan.

Direktur PT Mayora Indah Johan Muliawan (empat dari kanan) bersama Founder dan CEO DBL Indonesia Azrul Ananda, Presiden RI Joko Widodo dan Ketua PB PASI Luhut Binsar Pandjaitan saat menghadiri Energen Champion SAC National Championship 2022 di Stadion Madya, GBK, Jakarta, 14 Januari 2023

Tahun 2023 akan menjadi kali kedua bagi Mayora berkontribusi sebagai pendukung utama SAC Indonesia. Kembalinya kolaborasi antara Mayora, PB PASI dan DBL Indonesia ini karena visi dan misi yang semakin kuat untuk memajukan cabang olahraga atletik di Tanah Air.

Ketua Umum PB PASI, Luhut Binsar Pandjaitan, juga mengungkapkan harapan serupa terkait SAC Indonesia 2023. Ia ingin kompetisi ini menghasilkan atlet hebat agar dapat menyumbangkan prestasi-prestasi besar untuk Ibu Pertiwi di masa depan. PB PASI bahkan siap melanjutkan pembinaan kepada juara SAC Indonesia yang mumpuni.

"Atlet-atlet yang kita lihat bagus ini akan kita beri latihan dulu. Yang bagus-bagus juga bisa kita kirimkan ke luar (negeri). Untuk itu, saya berharap agar semua peserta Energen Champion SAC Indonesia 2023 mempersiapkan diri sebaik mungkin," tutur Luhut. 

Sementara itu, founder sekaligus CEO DBL Indonesia Azrul Ananda mengucapkan terima kasih atas dukungan Mayora pada SAC Indonesia. Azrul juga meyakini bahwa SAC Indonesia 2023 nantinya dapat berkontribusi dalam kesuksesan prestasi atletik Indonesia.

"Sejak awal berkolaborasi, kami dan PB PASI mempunyai kesamaan tujuan yang ingin dicapai. Yakni, mendorong olahraga atletik memiliki popularitas yang lebih besar di kalangan pelajar melalui SAC Indonesia," kata Azrul. 

SAC Indonesia akan dimulai di Medan, pada 1 September. Ditutup dengan perlombaan di Semarang pada 12 November 2023. Perhelatan di Medan akan menjadi pembuka SAC Indonesia secara nasional sekaligus dimulainya regional qualifiers untuk wilayah Sumatera.

Tahun ini, SAC Indonesia akan diselenggarakan di enam wilayah. Di antaranya, Sumatera Qualifiers (Medan), West Java Qualifiers. (Bandung), Jakarta Banten Qualifiers (Jakarta), Bali Nusra Qualifiers (Kupang), East Java Qualifiers (Surabaya) dan Central Java Qualifiers (Semarang) dan National Championship yang akan diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah. 

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat khusus untuk SMA. Dimulai di babak regional qualifiers hingga ke National Championship. Para juara National Championship nantinya juga berkesempatan mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES