Pendaftaran untuk Student Athletics Championships (SAC) Indonesia West Java Qualifiers telah dibuka. Para pelatih dan pelajar di Jawa Barat telah ramai-ramai melakukan pendaftaran. Salah satunya adalah Lingga Sevtiadzi. Pelatih asal Cirebon ini siap bersaing bersama dengan anak didiknya di SAC Indonesia musim baru. 

Lingga, begitu ia kerap disapa, mengaku akan mengirimkan sekitar 15 pelajar untuk bersaing di SAC Indonesia. Jumlah tersebut tersebar di berbagai nomor lomba. Beberapa dari mereka juga telah mendaftar. Misalnya, Zeovanka aidil adha dari SMPN 1 Cirebon dan Nifail jaris dari SMPN 6 Cirebon. Masing-masing di nomor 800 meter dan 80 meter. 

Menurut Lingga, kedua anak didiknya itu baru satu tahun menggeluti bidang atletik. Namun, SAC Indonesia 2023 akan menjadi kali kedua bagi Zeovankan dan Nifail ikut serta. Meskipun hanya bisa ikut di tingkat regional qualifiers, Lingga menuturkan anak didiknya telah sangat menanti gelaran SAC Indonesia. "Targetnya untuk nambah jam terbang dan melatih mental," jelas Lingga.

Untuk menghadapi SAC Indonesia, Lingga bersama anak didiknya berlatih saat weekday dalam satu minggu penuh. "Cuma nggak terlalu intens karena perhitungan saya untuk jangka panjang," katanya. 

Meskipun begitu, ini menjadi bukti keseriusan Lingga untuk meregenerasi atlet atletik Kota Cirebon. Terutama dalam melatih mental para anak muda Indonesia agar berani berlaga dalam kompetisi. 

Tahun lalu, Lingga sukses mengantarkan anak didiknya meraih juara di nomor lompat jauh putri, tolak peluru dan 1.000 meter putri untuk West Java Qualifiers. Mereka adalah Tiara Maelani, Bayanillah dan Vira Chazinatuss’ab dari SMAN 7 Cirebon.

Tiara sendiri sukses menembus babak National Championship. Sementara Bayan berhasil menjuarai Athletics West Track and Field State Championship. Sedangkan Vira, sama seperti Tiara, sukses menembus National Championship. 

Pendaftaran SAC Indonesia di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers dan Bali Nusra Qualifiers telah dibuka. Pelajar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat di kedua provinsi itu yang memenuhi persyaratan dan didampingi ofisialnya bisa mendaftar.

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES