siswa-siswi SMP Muhammadiyah 24 Aek Kanopan

SMP Muhammadiyah 24 Aek Kanopan siap menjadi juara di Student Athletics Championships (SAC) Indonesia. Sekolah tersebut akan mengirimkan sebanyak empat siswa dalam berbagai nomor lomba. Menurut Damun, pelatih SMP Muhammadiyah 24 Aek Kanopan, para siswanya itu begitu serius berlatih agar dapat memberikan hasil yang maksimal. 

Keikutsertaan SMP Muhammadiyah 24 Aek Kanopan merupakan misi besar bagi Damun. Pertama, ia ingin menyalurkan bakat anak didiknya melalui perlombaan ini. Damun yakin bahwa dari ratusan anak yang bersekolah di sana tentunya ada bakat terpendam. Kedua, Damun ingin anak didiknya juga memiliki pengalaman non akademik yang baik. "Daripada main gadget terus, lebih baik ikut SAC," katanya. 

Untuk mengikuti kompetisi SAC Indonesia, para pelajar SMP Muhammadiyah 24 Aek Kanopan perlu menempuh 250 Km perjalanan menuju Medan.  Kalau lewat jalur darat, butuh waktu sekitar 6 jam untuk sampai ke sana. "Sebenarnya kalau dekat, saya ingin bawa anak lebih dari lima," kata Damun. 

Beberapa siswa SMP Muhammadiyah 24 Aek Kanopan ada yang telah terjun ke atletik sejak lama. Namun, ada juga yang baru menggeluti "Mother of Sports" itu. Namun, Damun mengatakan bahwa anak didiknya sampai berlatih seminggu penuh demi bisa memenuhi target. "Namanya target, pasti ingin juara," lanjutnya. 

Semua anak didik Damun tergabung dalam perkumpulan bernama Atletik Sawit Labura. Secara khusus, Damun juga mengajar di sana. Nama "atletik sawit" itu diadaptasi dari tempat latihan mereka di sebuah kebun sawit. Hal itu dilakukan karena jauhnya lokasi lapangan atletik dari tempat latihan mereka. "Jauh dari pusat pelatihan yang memadai, sehingga memanfaatkan kebun sawit ini," tutur Damun. 

Baca Juga: SMA Muhammadiyah 9 Aek Kanopan Bakal Kembali Bersaing di SAC Indonesia Tahun Ini

Tahun lalu, Yayasan dari sekolah Muhammdiyah di Aek Kanopan juga sukses berlomba di SAC Indonesia. Bahkan sampai ke tingkat National Championship. Ia adalah Novitria Indriarti Hasibuan dari SMA Muhammadiyah 9 Aek Kanopan. Juara lompat jauh putri dari North Sumatera Qualifiers 2022. "Pencapaian yang diperoleh Novitria itu bisa menjadi inspirasi bagi banyak pihak," lanjut Damun, berharap anak didiknya bisa menjadi juara juga.

Pendaftaran SAC Indonesia di Sumatera Qualifiers dan West Java Qualifiers telah dibuka. Pelajar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat di kedua provinsi itu yang memenuhi persyaratan dan didampingi ofisialnya bisa mendaftar.

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES