Aziyyati Dina Amalina saat bersaing di Athletics West Track and Field State Championship

Nama Aziyyati Dina Amalina masih membekas di jajaran peserta Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022. Siswi SMAN 1 Pabelan tersebut menjadi juara di nomor lari jarak menengah 1.000 meter putri. Dina, begitu ia kerap disapa, juga memegang rekor SAC di nomor tersebut dengan catatan waktu 3 menit 24,49 detik. 

Sebagai kampiun di tahun perdana, Dina tentunya memiliki teknik khusus untuk menjadi juara di SAC Indonesia 2022. Selain latihan rutin setiap hari, Dina juga memiliki teknik dan cara bernapas yang tepat agar tidak mudah lelah ketika berlomba. Bagi kamu yang pemula di nomor lari jarak menengah, Dina membagikan teknik dan cara pernapasan yang tepat. 

"Pertama, yang perlu dilakukan adalah atur kecepatan lari dahulu. Kunci yang perlu dilakukan kalian adalah atur napas lewat mulut kalau dirasa sudah ngos-ngosan banget. Sesekali ambil napas lewat hidung terus buang lewat mulut," ungkap Dina. 

Selain itu, ada cara lain yang bisa dilakukan. "Atau kalau nggak hirup udara lewat hidung terus hembuskan lewat mulut. Saat menghirupkan udara empat kali melangkah ambil udara lagi atau kalau mau meningkatkan lagi langkahnya," tutur Dina. 

Menurut Dina, selain menerapkan teknik pernapasan yang tepat, ada latihan fisik yang juga bisa dilakukan. "Latihan jogging panjang, sebenarnya renang juga bisa membantu sebenarnya. Tetapi karena aku nggak bisa jadi menguatkan di teknik pernapasan," lanjut Dina. 

Baca Juga: Aziyyati Dina Amalina dari SMAN 1 Pabelan Tercepat di 1.000 Meter Putri

Dina berharap, saran dan teknik yang ia terapkan bisa menjadi salah satu pilihan bagi pemula yang ingin berkompetisi di SAC Indonesia 2023. "Aku berharap pelajar-pelajar di Indonesia bisa untuk mengukir prestasi di SAC Indonesia dan membuat pengalaman besar di kompetisi tersebut," pungkas Dina. 

Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia akan segera bergulir. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship khusus untuk tingkat SMA. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. Pendaftaran Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers dan West Java Qualifiers juga telah dibuka. (*)

  RELATED ARTICLES