Renata dari SMPN 2 Bojonggede saat berlatih di Stadion Madya, GBK, Jakarta

Renata bakal kembali ke panggung Student Athletics Championships (SAC) Indonesia West Java Qualifiers. Siswi SMPN 2 Bojonggede tersebut akan kembali bersaing di nomor lari jarak pendek 80 meter putri. Ini akan menjadi kedua kalinya Renata ikut serta dalam kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia. 

Menurut sang ibunda, Mia Apriani, Renata telah menggeluti atletik sejak tahun 2017. Tepatnya saat ia masih duduk di kelas III SD. Renata memang rajin latihan fisik. Saat itu, sang pelatih telah melihat potensinya sebagai pelari. "Pelatihnya bilang ke saya kalau Renata lebih panjang tungkai kakinya, sehingga cocoknya di atletik," ungkap Mia. 

Mia mengatakan bahwa anaknya juga sangat menyukai tantangan. Sehingga, ia sangat antusias mengikuti berbagai perlombaan. Salah satunya adalah SAC Indonesia. Selain itu, Renata kerap mondar-mandir di berbagai kompetisi daerah. Misalnya, kejuaraan bulanan di DKI Jakarta. 

"Waktu tahun lalu ikut SAC Indonesia itu saya berdua dengan Renata backpacker-an. Dan nggak nyangka juga kalau GOR Arcamanik lumayan jauh dari Pusat Kota Bandung. Karena dia senang dan ingin menambah pengalaman, jadinya pengalaman kemarin luar biasa," tutur Mia. 

Motivasi Renata untuk kembali mengikuti SAC Indonesia beragam. Tak hanya ingin menambah jam terbang, Renata juga senang ketika bertemu dengan banyak teman baru. "Dia itu senang kalau dapat teman baru dan janjian dengan temannya itu. Waktu tahun lalu itu juga ketemu banyak teman seperjuangannya," kata Mia. 

Untuk menghadapi SAC Indonesia, Renata latihan intens selama seminggu penuh. Selain itu, target Renata tahun ini juga besar. Yakni bisa masuk ke dalam tiga besar perlombaan lari 80 meter. Mia dan putrinya pun optimistis dapat tampil baik tahun ini.

Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia akan segera bergulir. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship khusus untuk tingkat SMA. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. Pendaftaran Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers dan West Java Qualifiers juga telah dibuka. (*)

  RELATED ARTICLES