Khoirul Akbar Moh. Tarik bersama dengan Anggara Nur Aqila Fadiahaya

SMP Islam Al Jauhari bakal debut di Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023-West Java Qualifiers. Sekolah tersebut mendelegasikan Khoirul Akbar Moh. Tharik untuk bersaing di nomor lari jarak pendek 80 meter putra. Menurut guru olahraga SMP Islam Al Jauhari, Anggara Nur Aqila Fadiahaya, keikutsertaan SMP Islam Al Jauhari di kompetisi ini karena termotivasi sekolah lainnya. 

"Ini jadi pertama kalinya kita debut di SAC Indonesia. Sebenarnya, kita tahu kalau SAC Indonesia sejak tahun kemarin. Ada teman juga dari Kabupaten Ciamis yang mengikuti kegiatan SAC dan sampai nasional. Sehingga saya tertarik. Kebetulan di sekolah kami ada siswa yang berpotensi," ungkap Anggara. 

Meskipun tidak ada ekstrakurikuler atletik, Anggara begitu bersemangat melatih Khoirul Akbar. Apalagi, siswanya itu juga sangat antusias ketika didaftarkan SAC Indonesia. "Latihannya juga rajin sekali. Jadi setiap hari latihan, meskipun hanya sebentar," tutur Anggara. 

Selain termotivasi oleh sekolah lain yang mengikuti Energen Champion SAC Indonesia 2023-West Java Qualifiers, Anggara juga mengapresiasi konsep bertingkat dari SAC Indonesia. Yang berurutan dimulai dari babak regional qualifiers, menuju National Championship, hingga training camp ke Australia. 

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikut SAC Indonesia

"InshaAllah jika dengan adanya SAC Indonesia minat atletik semakin bertambah dan banyak yang berminat, saya akan mencoba untuk membuat ekstrakurikuler atletik. Namun, saat ini masih hanya di kegiatan belajar mengajar saja," lanjut Anggara. 

SMP Islam Al Jauhari tidak menaruh target apa pun dalam keikutsertaannya kali ini. Khususnya itu diungkapkan oleh Anggara. Ia Hanya ingin anak didiknya dapat fokus dalam berlomba dan memberikan yang terbaik bagi sekolah. "Karena ini baru tahun pertama kita. Jadi ya fokus bertanding saja dulu," terang Anggara. 

Menurut Anggara, persaingan Energen Champion SAC Indonesia West Java Qualifiers tahun ini tentu akan lebih ketat dari tahun sebelumnya. Pastinya penyeberannya akan lebih luas. Dengan banyak pihak lebih mengetahui SAC Indonesia, pasti ada pesaing-pesaing luar biasa yang berpeluang untuk meraih juara pada tahun ini. 

Sebagaimana diketahui, Energen Champion SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship khusus untuk tingkat SMA. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Tahun ini, Energen Champion SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. Pendaftaran Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers dan West Java Qualifiers juga telah dibuka. (*)

  RELATED ARTICLES