Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 akan segera bergulir. Tahun ini, SAC Indonesia siap untuk menjaring pelajar muda bertalenta di seluruh Indonesia. Mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA. SAC Indonesia juga akan kembali menghadirkan atmosfer perlombaan cabang olahraga atletik yang ramah pemula bagi pelajar-pelajar di Ibu Pertiwi. 

Sebelum memutuskan menggelar musim baru, SAC Indonesia telah sukses menyelenggarakan kompetisi atletik terbesar di Tanah Air pada tahun 2022.

SAC Indonesia 2022 mendapat apresiasi luar biasa dari berbagai pihak. Termasuk Presiden RI Joko Widodo, yang hadir bersama enam menteri sekaligus pada babak puncak National Championship di Stadion Madya, Senayan, Jakarta awal Januari 2023 lalu. 

SAC Indonesia di musim perdananya menggelar perlombaan di sembilan qualifiers. Di antaranya, Bali Nusa Tenggara (Mataram), Papua (Mimika), Yogyakarta (Yogyakarta), Kalimantan (Banjarmasin), East Java (Surabaya), North Sumatera (Medan), DKI Jakarta Banten (Jakarta), West Java (Bandung) dan Central Java (Semarang). Sejak akhir September hingga pertengahan Desember. Ini berlangsung mulai September-Desember 2022. 

Kompetisi atletik pelajar itu merupakan hasil kolaborasi PB PASI dan DBL Indonesia. Total peserta SAC Indonesia di tahun pertamanya diikuti oleh 31.215 pelajar. Mereka mewakili 2.301 sekolah dan melibatkan 8.558 ofisial. Yang tak kalah seru, selama perhelatan kompetisi, tercatat hadir 72.778 penonton.

Sejak perhelatan perdana, SAC Indonesia telah hadir di masyarakat dengan konsep kompetisi bertingkat khusus tingkat pendidikan SMA. Dimulai di Babak regional qualifiers, hingga National Championship. Kemudian, Juara National Championship akan berkesempatan mengikuti training camp ke luar negeri. 

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. 

Pendaftaran SAC Indonesia di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers dan Bali Nusra Qualifiers telah dibuka. Pelajar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat di ketiga wilayah itu yang memenuhi persyaratan dan didampingi ofisialnya bisa mendaftar. (*)

  RELATED ARTICLES