Sean Welmin Manumpil, siswa SDN 056 Garuda Dadali Kota Bandung, akan bersaing dalam Student Athletics Championships (SAC) Indonesia West Java Qualifiers. Siswa kelas V tersebut akan debut dalam perlombaan lari jarak pendek 60 meter. Menurut orangtuanya, Anik Sulistyo, ini menjadi tahun pertama bagi Sean untuk debut dalam SAC Indonesia. 

Keikutsertaan Sean dalam SAC Indonesia berdasar pada misi khusus.Yakni menambah jam terbang kompetisinya. Oleh karena itu, Sean antusias sekali saat mendaftar SAC Indonesia. Juara Kanga's Escape di tingkat Kota Bandung itu bahkan ingin mengikuti SAC Indonesia sejak tahun lalu. Namun, karena usianya belum cukup, Sean batal ikut. 

"Sean setiap hari latihan. Dia juga senang. Setiap hari memantau di Instagram. Apalagi, Sean ini kan spesialisasi sprint 60 meter. Meskipun tampaknya, tahun ini persaingannya lebih ketat. Karena kemungkinan lebih banyak juga yang ikut," kata Anik. 

Anik dan Sean memang cukup getol memantau berbagai kompetisi yang berkaitan dengan atletik. Terutama sang ibu. Ia bahkan seringkali mengajak walimurid lainnya untuk mendaftarkan anaknya mengikuti SAC Indonesia. 

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikut SAC Indonesia

"Saya berharap nanti Sean dapat memberikan yang terbaik. Untuk dirinya dan sekolahnya. Selain itu, saya berharap dengan jam terbang di SAC Indonesia pengalamannya juga bertambah," tutur Anik. 

Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship khusus untuk tingkat SMA. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. Pendaftaran Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers dan West Java Qualifiers juga telah dibuka. (*)

  RELATED ARTICLES