Aziyyati Dina Amalina, saat bersaing dalam Athletics West Track and Field State Championship di Western Australia

Aziyyati Dina Amalina begitu senang. Pemegang rekor SAC Indonesia untuk 1.000 meter putri itu kembali bertemu dengan Champion SAC dalam gelaran Kejuaraan Nasional Atletik 2023. Meskipun tak full team, Dina, panggilannya, begitu lega dapat bertegur sapa dengan kawan seperjuangannya di SAC Indonesia musim lalu. 

“Kemarin ketemu Yogi, Yad, Bayan, dan sebagian lainnya. Cuma nggak sempat foto-foto karena sibuk lomba,” ungkap Dina. 

Saat itu, Dina juga menjadi salah satu peserta Kejurnas Atletik 2023, yang digelar pada 20-26 Juni 2023. Ia juga terkejut banyak peserta SAC Indonesia yang juga turut serta di kejuaraan rutin itu. “Rasanya seperti flashback,” tambah Dina. 

Meskipun belum bisa memastikan diri kembali ke panggung kompetisi SAC Indonesia, Dina berharap penyelenggaraan tahun ini lancar. Siswa SMAN 1 Pabelan, Jawa Tengah itu juga ingin banyak wajah-wajah baru yang bisa menjadi juara dalam kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu. 

Baca Juga: Yogi Jadikan Kejurnas Atletik 2023 Sebagai Persiapan SAC Indonesia

"Masih belum tahu akan kembali atau nggak. Tapi semoga kompetisi SAC Indonesia tahun ini bisa menemukan bibit-bibit atletik yang berbakat. Dan bisa membawa nama Indonesia di kompetisi atletik dunia,” tutur Dina. 

Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. Pendaftaran Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers dan West Java Qualifiers juga telah dibuka. (*)

  RELATED ARTICLES