Salah satu finalis lompat jauh dalam SAC Indonesia di babak National Championship

Salah satu olahraga atletik yang bisa dicoba siapa pun adalah lompat jauh. Dari sudut pandang orang awam, lompat jauh adalah olahraga yang mengharuskan atlet melakukan aktivitas berlari secepat mungkin dan melompat ke bak pasir. Bagi atlet yang memiliki jarak lompatan lompatan terjauh adalah pemenangnya. 

Menurut standar IAAF atau World Athletics, bak pasir dalam lompat jauh harus memiliki lebar setidaknya 2,75 meter dan panjang 7 hingga 9 meter. Namun, ukuran tersebut masih memiliki detail lebih mendalam lagi. 

Dimensi dari Bak Lompat Jauh

Menurut standar IAAF dan World Athletics, lompat jauh membutuhkan 3 komponen. Landasan pacu, papan lepas landas, dan lubang lompat jauh atau biasa disebut sebagai area pendaratan.

Lubang lompat jauh harus berukuran panjang 7 hingga 9 meter dan memiliki lebar minimum 2,75 meter. Landasan pacu, atau jalur yang mengarah ke lubang lompat jauh, harus memiliki lebar 1,22 meter dan panjang setidaknya 40 meter dari awal landasan pacu hingga awal papan lepas landas.

Papan lepas landas harus memiliki lebar sekitar 1,22 meter, panjang 0,2 meter dan tinggi 0,1 meter. Itu juga harus ditanam rata dengan permukaan landasan. Jarak antara papan lepas landas dan awal lubang lompat jauh harus berukuran minimal 2 meter. 

Perbatasan yang mengelilingi landasan pacu dan lubang lompat jauh harus memiliki lebar 0,05 meter. Saat menggunakan garis putus-putus sebagai batas, jarak garis putus-putus harus berjarak 0,05 meter.

Spesifikasi Bak Lompat Jauh

Lubang lompat jauh harus diisi dengan pasir dengan kedalaman minimal 0,3 meter di tepinya. Bagian tengah lubang pasir akan sedikit lebih dalam. Bagian atas batas lubang lompat jauh harus sejajar dengan papan lepas landas.

Baca Juga: Mengenal Lompat Jauh: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Gaya

Pasir yang digunakan untuk mengisi lubang lompat jauh harus terdiri dari pasir sungai yang terbuang atau pasir kuarsa murni.

Bagian atas papan take-off dan batas lubang lompat jauh harus terbuat dari bahan yang fleksibel dengan tepi yang membulat untuk mencegah cedera. Terakhir, papan lepas landas harus dapat diatur ketinggiannya untuk mencegah atlet tersandung.

Apa Perbedaan Lompat Jauh dengan Lompat Jangkit?

Perbedaan utama antara lompat jauh dan lompat jangkit adalah bahwa lompat ganda, atlet harus melakukan lompatan dan langkah sebelum melakukan lompatan terakhir ke area pendaratan. Rangkaian lompatan pertama dilakukan di papan lepas landas, dan jarak lompatan terakhir dicatat dari awal area pendaratan hingga lekukan terdekat di pasir.

Fasilitas yang sama untuk lompat jauh digunakan dalam acara lompat jangkit. Namun, letak papan lepas landas dimundurkan menjadi 13 meter untuk pria dan 11 meter untuk wanita. (*)

  RELATED ARTICLES