Penyelenggaraan SAC Indonesia North Sumatera Qualifiers

SMAN 9 Medan telah siap bersaing dalam Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023. Tahun ini merupakan kedua kalinya sekolah tersebut turut berpartisipasi dalam kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu. Meskipun siap comeback, pasukan SMAN 9 Medan akan berkurang tahun ini. 

“Tahun ini saya lombakan tiga orang, berkurang dari tahun kemarin yang 10 orang. Karena tahun ini beberapa anak sudah lulus sekolah. Mereka sudah kelas XII. Jadi saya sengaja siapkan khususnya untuk kelas XI,” ungkap Parmonangan Nasution, pelatih dari SMAN 9 Medan. 

Menurut Monang, sapaan akrabnya, SAC Indonesia merupakan salah satu kompetisi atletik yang sangat diminati. Mengingat kurangnya penyelenggaraan kompetisi atletik di Sumatera Utara sendiri, pelajar di wilayah itu begitu antusias atas digelarnya SAC Indonesia. “Mereka sudah menanyakan, kapan ada pendaftaran lagi, mereka sudah tidak sabar,” kata Monang. 

Keberangkatan wakil North Sumatera Qualifiers, Firli Sahputra (SMKN 2 Medan), ke Australia juga menjadi motivasi bagi pelajar-pelajar SMAN 9 Medan. Bahkan, Monang mengaku anak didiknya juga telah melakukan latihan yang intens untuk menghadapi SAC Indonesia tahun ini.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikut SAC Indonesia

“Latihannya intens seminggu empat kali. Selain latihan, mereka juga saya kirimi itu video-video perlombaan kompetisi SAC Indonesia, agar bersemangat juga,” tutur Monang. 

Monang juga mengapresiasi gelaran SAC Indonesia dan konsep bertingkat yang diadakan dalam kompetisi ini. “Kalau perlombaan atletik lain, kita harus ada prosesnya dari PASI kota ke daerah, ada rekomendasi dan lain-lain. Kalau SAC ini kan daftar aja kita online langsung berangkat. Meskipun tahun ini persaingan akan lebih berat. Karena beberapa disiapkan untuk PON 2024 kan,” lanjut Monang. 

Baca Juga: Registrasi SAC Indonesia 2023 Sumatera dan West Java Dibuka, Cek Cara Daftarnya!

Sebagaimana diketahui, SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. Pendaftaran untuk Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, West Java Qualifiers juga telah dibuka. (*)

  RELATED ARTICLES