Mario Pandapotan Sianturi akan bersaing dalam Student Athletics Championships (SAC) Indonesia - West Java Qualifiers. Siswa SMAN 5 Sukabumi itu bakal mengikuti perlombaan nomor lari jarak menengah 1.000 meter. Menurut pelatih SMAN 5 Sukabumi, Rudy Saeful, ini menjadi pertama kalinya Mario bersaing dalam SAC Indonesia. 

Rudy juga menyebut bahwa Mario tidak mendalami atletik secara spesifik. Siswa kelas XI tersebut sebenarnya menggeluti olahraga basket. Rudy sendiri, sebagai guru olahraga SMAN 5 Sukabumi, adalah pelatih futsal. 

“Saya juga masih punya sedikit berpengetahuan soal atletik. Saya nggak tahu banyak tentang atletik. Tapi Mario ingin ikut. Dia ingin bersaing di SAC Indonesia. Akhirnya, saya tawarkan, kalau ada apa-apa, silahkan ikut saja, nanti saya yang mendampingi. Apalagi Mario terlihat antusias sekali,” ungkap Rudy Saeful. 

Baca Juga: Registrasi SAC Indonesia 2023 Sumatera dan West Java Dibuka, Cek Cara Daftarnya!

Untuk menghadapi SAC Indonesia, Rudy telah membuatkan program khusus sebagai latihan untuk Mario. “Karena Mario kan bukan dari atletik, tapi saya telah mempersiapkan program khusus untuk dia. Jadi lari jarak menengah kan membutuhkan endurance, nah saya minta dia untuk lari bertahap dengan pengukuran waktu sendiri,” tutur Rudy. 

Rudy optimistis bahwa Mario mampu bersaing dengan para peserta SAC Indonesia yang lain. Pasalnya, Mario telah beberapa kali mengikuti perlombaan atletik tingkat kabupaten. Dengan pengalamannya tersebut, Mario tentunya terlatih untuk berkompetisi di cabang olahraga atletik. 

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikut SAC Indonesia

“Terus ada juga motivasi dari banyak pihak. Apalagi ada Yogi, wakil Sukabumi, juga yang berhasil untuk berangkat ke Australia. Jadi saya yakin Mario bisa, meskipun tampaknya persaingan untuk Jawa Barat akan berat. Chance-nya 50:50 lah. Kita kan sama-sama makan nasi, jangan takut, berjuang dulu,” tutur Rudy. 

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. Pembukaan pendaftaran Sumatera Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers dan West Java Qualifiers juga telah dibuka. 

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES