Fiki Priatna Dinata saat berlatih untuk SAC Indonesia 2023. Foto: Regi Salas Maulana

SMPN 1 Cibalong akan debut dalam Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Sekolah tersebut diwakili oleh Fiki Priatna Dinata dalam perlombaan lari 80 meter putra. Menurut pelatih dari SMPN 1 Cibalong, Regi Salas Maulana, Fiki dan sekolahnya menargetkan naik podium pada gelaran tahun ini.

“Kami memang baru pertama kali untuk ikut event SAC Indonesia ini. Awalnya karena saya termotivasi dari adik saya Refan, yang tahun lalu lolos ke National Championship. Dan kami ingin memiliki pengalaman serupa,” kata Regi

Refan merupakan wakil 1.000 meter putra dari West Java Qualifiers yang bertandang di SAC Indonesia - National Championship. Ia menjadi banyak inspirasi orang-orang di sekitarnya. Selain menjadi motivasi Fiki untuk ikut SAC Indonesia, Refan juga akan kembali berlomba tahun ini. 

Untuk menjadi berhasil seperti Refan, Fiki berlatih dengan sungguh-sungguh. Ia juga sangat antusias, meskipun atletik sebenarnya bukan olahraga utama yang ia tekuni. “Fiki ini baru saya persiapkan. Dulunya Fiki menekuni olahraga sepakbola namun terinspirasi dari saudaranya Refan untuk menekuni bidang atletik,” lanjut Regi. 

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Wajib Ikut SAC Indonesia

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics.

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES