Reihan (371) saat bersaing dalam SAC Indonesia West Java Qualifiers

Reihan Maulana Ramadan akan kembali bersaing dalam Student Athletics Championships (SAC) Indonesia West Java Qualifiers. Ini merupakan kedua kalinya Reihan berkompetisi di SAC Indonesia. Siswa SMA Taman Siswa Rancaekek tersebut akan kembali mengikuti nomor 1.000 meter putra dalam kompetisi pelajar terbesar di Indonesia itu. 

"Yang pasti saya ingin menjadi juara dan juga saya ingin mengharumkan nama sekolah serta saya ingin menyalurkan bakat saya di bidang olahraga khususnya atletik,” ungkap Reihan. 

Selain ingin mengharumkan nama sekolah, Reihan juga ingin menjawab kepercayaan guru di sekolahnya. Karena telah mempercayainya untuk mewakili sekolahnya di SAC Indonesia tahun ini. Terlebih, ia ingin namanya dipanggil saat upacara bendera sebagai siswa berprestasi. 

"Saya ingin sekali disebutkan bahwa saya telah menjuarai SAC tahun ini dan akan mewakili Jawa Barat ke tingkat nasional. Pasti rasanya membanggakan sekali,” kata Reihan. 

Untuk menghadapi SAC Indonesia West Java Qualifiers, Reihan melakukan latihan secara mandiri. Bahkan tanpa pelatih. "Target utama saya tahun ini di SAC jadi juara dan bisa masuk kejurnas mewakili Jawa Barat tapi yang terpenting adalah saya harus bisa lebih baik dari tahun kemarin," ungkap Reihan. 

Baca Juga: Kilas Balik: 5 Hal Mengesankan dalam SAC Indonesia West Java Qualifiers 2022

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. 

Pendaftaran SAC Indonesia di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers dan Bali Nusra Qualifiers telah dibuka. Pelajar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat di ketiga wilayah itu yang memenuhi persyaratan dan didampingi ofisialnya bisa mendaftar.

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES