Floren Kristin Sinulingga (kiri), usai menerima penghargaan sebagai juara North Sumatera Qualifiers di nomor tolak peluru

Ada kejutan besar dari SAC Indonesia Sumatera Qualifiers. Floren Kristin Sinulingga, juara tolak peluru putri dari SMKN 2 Medan di North Sumatera Qualifiers, akan kembali mengikuti SAC Indonesia tahun ini. Rencananya, Floren akan kembali bersaing di nomor tolak peluru putri untuk SAC Indonesia musim baru. 

Dalam SAC Indonesia 2022, Floren Kristin Sinulingga keluar sebagai juara dengan catatan tolakan 7,75 meter. Floren secara otomatis kemudian menjadi wakil North Sumatera Qualifiers dalam babak National Championship di Stadion Madya, GBK, Jakarta. Sayangnya, ia belum bisa naik podium pada babak puncak musim lalu. 

“Saya ingin mengikuti SAC Indonesia lagi soalnya kemarin gagal. Sehingga mau coba untuk bersaing tahun ini, karena saya ingin kembali berangkat ke Jakarta untuk National Championship, semoga saya bisa memberikan yang terbaik bagi SMKN 2 Medan dan Sumatera Utara,” ungkap Floren. 

Untuk tampil maksimal dalam Sumatera Qualifiers, Floren mengaku berlatih intens setiap harinya. Setiap Sore, banyak program baru dari pelatihnya, Dumpang Parluhutan Siregar, yang harus Floren selesaikan. 

Baca Juga: Sempat Diragukan, Floren Kristin Sinulingga Bersinar di Nomor Tolak Peluru

“Semoga Sumut bisa juara lagi tahun ini. Untuk itu kami latihan dengan keras,” kata Floren. 

Floren Kristin Sinulingga berharap SAC Indonesia tahun ini dapat kembali menjadi wadah bagi pelajar Indonesia untuk berpretsasi. Khususnya bagi para pelajar di Sumatera Qualifiers. "Musim lalu SAC Indonesia seru banget. Bisa jadi lomba yang sangat menginspirasi banyak orang. Tahun ini saya ingin banyak anak muda Indonesia lainnya yang terinspirasi lagi dengan SAC Indonesia," tutur Floren. 

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. 

Pendaftaran SAC Indonesia di Sumatera Qualifiers dan West Java Qualifiers telah dibuka. Pelajar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat di kedua provinsi itu yang memenuhi persyaratan dan didampingi ofisialnya bisa mendaftar.

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES