Firli Sahputra saat bersaing dalam Athletics West Track and Field State Championship 2023

Kepala SMKN 2 Medan, Eri Susanto, mengajak pelajar di Sumatera Utara untuk mengikuti SAC Indonesia Sumatera Qualifiers. Menurut Eri, penyelenggaraan kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu dapat menjadi salah satu pemicu anak muda untuk menyiapkan diri berprestasi di bidang non akademik. Khususnya cabang olahraga atletik. 

“Dengan adanya kegiatan SAC ini, ada banyak siswa bertalenta yang mendapatkan kesempatan berprestasi. Tapi memang perlu adanya sinergi dan kerja sama dari banyak pihak. Tahun kemarin sendiri SMKN 2 Medan menjuarai beberapa nomor lomba. Tentu itu karena adanya antusias Pak Dumpang Siregar (pelatih SMKN 2 Medan) untuk ikut SSAC,” ungkap Eri. 

Musim lalu, SMKN 2 Medan telah unggul di nomor lompat jauh putra. Yang dimenangkan Firli Sahputra. Juga ada tolak peluru putri, yang dimenangkan oleh Floren Kristin Sinulingga. Soal bidang non akademik, SMKN 2 Medan memang selalu mendukung peserta didiknya untuk menekuni berbagai bidang. “Dengan prestasi yang luar biasa itu diharapkan bisa menular pada adik-adik kelasnya sekarang,” kata Eri Susanto. 

Baca Juga: Pelatih Asal Medan Ini Siap Comeback di Sumatera Qualifiers dengan 100 Siswa

Eri Susanto berpesan pada pelajar tingkat SMA/SMK untuk tetap selalu mengejar mimpi. Apalagi, selama kemauan ada, Eri ingin anak-anak muda Indonesia untuk tidak membatasi diri sendiri. 

“Jangan kita batasi prestasi anak-anak muda kita, Tapi kita bisa arahkan belajar sesuai dengan kompetensi. Di mana pun sekolah kita, di mana pun kita belajar, yang penting kemauan hasil itu ada. Berlatih, berlatih dan terus berlatih,” lanjut Eri. 

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lima main event. Yakni lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. 

Pendaftaran SAC Indonesia di Sumatera Qualifiers dan West Java Qualifiers telah dibuka. Pelajar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat di kedua provinsi itu yang memenuhi persyaratan dan didampingi ofisialnya bisa mendaftar.

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES