Dihanis Arsita saat bersaing dalam Athletics West Track and Field State Championship 2023 di Perth, Australia

Lintasan lari tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Itu bergantung pada ruang yang tersedia, jenis perlombaan yang diselenggarakan, serta preferensi dan kebutuhan khusus atlet. Saat membangun lintasan lari, beberapa poin ini harus dipertimbangkan. Dimensi lintasan lari bisa sangat bervariasi dari ukuran konvensional.

Standar IAAF / Olympic / NCAA adalah Lintasan Lari 400 meter

Lintasan lari untuk olahraga atletik standar berukuran 400 meter dengan bentuk oval klasik adalah kebanyakan dari kita pikirkan saat mendengar kata “lintasan lari.” Ukuran ini diatur oleh International Association of Athletics Federations (IAAF) atau yang sekarang dikenal sebagai World Athletics, dan merupakan ukuran minimum yang diperlukan untuk menyelenggarakan kompetisi resmi.

Ukuran:

1. Panjang 400 meter

2. Lintasan berbentuk oval ini memiliki panjang 176,91 meter dan lebar 92,5 meter

3. Biasanya lintasan lari 400 meter memiliki 8 jalur dengan lebar 1,22 meter dan lintasan tersebut membutuhkan luas total 14.594 meter persegi.

4. Penting untuk dicatat bahwa meskipun jalur pertama berukuran tepat 400 meter, setiap jalur sedikit berbeda dari tengah pusat. Ini karena jalur tersebut berbentuk oval. Setiap jalur semakin panjang. Ukuran panjangnya mencapai 453,7 meter di jalur paling luar.

Dimensi Lintasan Lari dalam Ruangan 

Salah satu pilihan paling populer untuk fasilitas olahraga adalah lintasan lari dalam ruangan. Ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk sekolah dan universitas yang ingin menawarkan siswanya tempat untuk berlatih selain luar ruangan. Lintasan lari dalam ruangan juga pilihan yang populer di iklim panas dan dingin.

Ukuran:

1. Lintasan lari indoor IAAF atau NCAA biasanya sepanjang 200 meter dengan 6 jalur lari

2. Lebar jalur lari bervariasi antara 0,9 – 1,22 meter

3. Lintasan berbentuk oval ini memiliki panjang 88.455 meter dan lebar 46,25 meter.

4. Lintasan lari dalam ruangan dengan 6 jalur membutuhkan ruang seluas 7.297 meter persegi.

5. Tidak ada standar resmi untuk lintasan indoor, sehingga ukuran dan bentuknya bisa berbeda-beda tergantung fasilitasnya. Namun, sebagian besar lintasan dalam ruangan mengikuti beberapa kriteria lintasan dalam ruangan terbaik di dunia. 

Baca Juga: 4 Jenis Lintasan Lari untuk Cabor Atletik yang Perlu Kamu ketahui

Lintasan Lari 300 Meter

Opsi lintasan berikutnya adalah lintasan lari 300 meter. Lintasan ini menjadi semakin populer, terutama di sekolah menengah dan perguruan tinggi yang lebih kecil. Mereka menawarkan beberapa keuntungan dibandingkan lintasan tradisional sepanjang 400 meter.

Manfaat yang paling signifikan adalah pengurangan ukuran. Lintasan 300 meter membutuhkan ruang sekitar 20 persen lebih sedikit daripada lintasan 400 meter.  

Ukuran:

1. Lintasan berukuran tidak biasa yang hanya dibangun jika tidak ada cukup ruang untuk lintasan sepanjang 400 meter.

2. Jalur lari selebar 1,22 meter.

3. Lintasan lari berbentuk oval ini memiliki panjang 129,16 meter dan lebar 89,12 meter. Dibutuhkan total luas 10.305 meter untuk pembangunannya. (*)

  RELATED ARTICLES