Kompetisi lari relay 5x80m di National Championship 2023

Atletik merupakan salah satu olahraga paling fenomenal di dunia. Dalam penyelenggaraan Olimpiade, Asian Games hingga SEA Games, atletik menjadi salah satu cabor yang paling banyak ditonton. 

Atletik adalah gabungan dari beberapa gerakan dasar, mulai dari lari, lempar hingga lompat. Beberapa nomor populer dari olahraga ini di antaranya, sprint 100m, relay 4x100m, long jump hingga shot put. 

Cabang olahraga atletik biasanya diperkenalkan dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Khususnya untuk materi pengajaran olahraga lari. Namun, tak jarang juga atletik dikompetisikan untuk pelajar di level nasional. 

Nah, buat kamu yang tertarik untuk belajar olahraga atletik, namun masih ragu untuk mempelajari cabor tersebut. Ini 5 alasan kamu harus ikut olahraga atletik. 

1. Atletik Adalah Olahraga Paling Beragam di Dunia

Salah satu dari banyak hal yang membuat atletik begitu istimewa adalah atletik merupakan salah satu olahraga yang paling beragam di dunia. Baik secara budaya maupun nomor perlombaannya.

Secara budaya, atletik dikuasai hampir seluruh negara di dunia. Tidak ada karakter atau ciri negara khusus untuk olahraga ini. Jika Benua Eropa dan Amerika sangat identik dengan sepak bola maupun basket, atletik tidak demikian. 

Setiap negara pasti memiliki wakil khusus di berbagai nomor perlombaan atletik. Swedia sangat ahli di lompat galah, Jepang memimpin di lempar lembing, sementara sprint didominasi oleh AS dan Jamaika. 

Baca Juga: Mengulik Kejayaan Jamaika di Cabang Olahraga Atletik

Pada 2022, atlet dari 29 negara berbeda memperoleh medali di 25 nomor lari, lompat, dan lempar berbeda di World Athletics Championships 2022 di Eugene, Oregon, AS. Ini membuktikan bahwa atletik adalah olahraga dengan beragam identitas yang melekat. 

2. Indonesia Punya Pengembangan Atletik yang Begitu Memadai

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pengembangan atletik begitu memadai. Di bawah Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia, atletik menjadi perlombaan yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Baik yang di level pelajar maupun level profesional. 

Sehingga, kesempatanmu mendapatkan pengalaman untuk bersaing di kompetisi besar sama seperti olahraga lainnya. 

Beberapa kejuaraan yang biasanya digelar adalah Kejuaraan Nasional Atletik, Kejuaraan Bulanan untuk Pelajar, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, PB PASI rutin mengadakan scouting, pemassalan, dan pemantauan untuk bibit atletik baru yang perlu dipoles untuk ke jenjang yang selanjutnya. 

3. Tak Membutuhkan Sarana dan Peralatan yang Kompleks

Banyak yang menyebut olahraga atletik merupakan olahraga paling "murah" di dunia. Ini karena olahraga atletik tak membutuhkan banyak modal. Kecuali sepatu atletik khusus agar dapat beradaptasi dengan lapangan tartan. 

Selain itu, setiap kota dan kabupaten di Indonesia kini telah dilengkapi beberapa sarana olahraga atletik, mulai dari stadion, lapangan atletik tartan dan gravel, maupun peralatan khusus nomor lempar seperti lembing, martil, peluru, galah dan mistar lompat. Beberapa dibuka gratis dan umum. Misalnya, Lapangan THOR di Surabaya, GOR Rawamangun Jakarta hingga GOR Tri Lomba Juang Semarang. 

4. Indonesia Memiliki Ribuan Klub Atletik

Ada ribuan klub atletik yang tersebar di seluruh Indonesia. Mulai dari level sekolah hingga daerah. Bahkan nasional. Merata. 

Klub-klub atletik ini menjadi rahim dari bakat-bakat atletik baru Tanah Air. Yang siap berlaga di kompetisi nasional dan internasional. 

Jika kamu mendalami olahraga atletik, kamu tidak akan kesulitan untuk mencari klub atletik di level sekolah hingga level nasional. Selain itu klub atletik juga memiliki penyaluran kompetisi atletik. 

5. Indonesia Menjadi Salah Satu Negara Member dari World Athletics

Indonesia adalah salah satu negara member dari World Athletics. Beberapa kompetisi di Indonesia bahkan telah bersertifikasi World Athletics Rules. Untuk itu, kamu akan mendapatkan beberapa kesempatan besar untuk pengalaman tersebut. 

  RELATED ARTICLES