Ribuan penonton hadir saat Jakarta Banten Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 sukses diikuti oleh lebih dari 31.362 peserta dari 2.465 sekolah. Jumlah tersebut meningkat pesat dari total peserta pada musim sebelumnya, yakni 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Dari jumlah tersebut, Sumatera Qualifiers menjadi regional qualifiers dengan jumlah peserta terbanyak. Berikut regional qualifiers lain dengan peserta terbanyak:  

1. Sumatera Qualifiers

Sumatera Qualifiers menjadi regional qualifiers dengan peserta SAC Indonesia 2023 terbanyak. Yakni 6.023 pelajar dari 350 sekolah. Jumlah Sumatera Qualifiers tersebut berhasil mengalahkan rekor East Java Qualifiers, dengan 5.514 peserta. Jajaran pelatih, peserta, sekolah bahkan Ketua Pengprov PASI Sumatra Utara, David Luther Lubis, mengaku kagum dengan jumlah tersebut. 

"Mengingat, Sumut pernah memiliki sprinter kelas dunia, yakni Pak Mardi Lestari. Kami yakin ada potensi besar yang akan membawa nama Indonesia di kompetisi dunia dari kompetisi ini," kata David.

"Prestasi-prestasi yang sebelumnya diraih oleh atlet-atlet Sumut diharapkan dapat menular kepada anak-anak muda di Sumut. Back-to-back Abdul Hafiz misalnya, tentu itu sangat membanggakan masyarakat Sumut," lanjut David. 

2. West Java Qualifiers

West Java Qualifiers menjadi regional qualifiers dengan peserta terbanyak kedua. Digelar di Stadion Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, West Java Qualifiers diikuti oleh 5.611 pelajar dari 417 sekolah dari seluruh Jawa Barat. 

Antusiasme luar biasa ditunjukkan oleh para pelajar dari tingkat SD, SMP, hingga SMA/sederajat se-Jawa Barat. Mereka bersaing untuk meraih gelar terbaik atas nama sekolah mereka. Angka ini mengalami peningkatan signifikan dibanding musim sebelumnya, dengan tambahan sebanyak 1.287 peserta. Sebelumnya, SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers berhasil melibatkan 4.324 peserta.

3. East Java Qualifiers

East Java Qualifiers merupakan salah satu regional qualifiers dengan peserta terbanyak. Yakni 5.277 pelajar dari 610 sekolah. Dengan jumlah tersebut, terdapat tiga pecah rekor tercipta di qualifiers tersebut, di antaranya, lompat jauh putri atas nama Aufar Fadilah Dwi Caksono, middle distance 1.000m putri oleh Inna Nurul Ma'rifatin dan Arfiansyah Adi Yuliarta di nomor sprin 100m putra. 

4. Jakarta Banten Qualifiers

Peserta Jakarta Banten Qualifiers berhasil meningkat di SAC Indonesia 2023. Regional qualifiers tersebut berhasil mencatatkan 4.520 peserta dari 360 sekolah. Jumlah ini meningkat dari sebelumnya yang hanya 3.000 pelajar dari 200 sekolah. 

5. Central Java Qualifiers

Peserta Central Java Qualifiers meningkat dua kali lipat dari sebelumnya. Central Java Qualifiers 2023 diikuti oleh 4.168 pelajar dari 392 sekolah. Regional qualifiers tersebut punya banyak pecah rekor, salah satunya adalah relay 4x100m putra, yang diraih oleh SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang. 

6. Bali Nusra Qualifiers

Bali Nusra Qualifiers merupakan salah satu regional qualifiers dengan peserta terbanyak, yakni 4.018 pelajar dari 191 sekolah. Bali Nusra Qualifiers 2023 digelar di Kupang, Nusa Tenggara Timur. (*)

  RELATED ARTICLES