Para juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers yang akan bersaing di National Championship.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers kembali sukses mencuri perhatian. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu kembali diselenggarakan di GOR Rawamangun, Jakarta. Dan diikuti oleh ribuan peserta dari ratusan sekolah yang berada di Jakarta maupun Banten. Gimana keseruan Jakarta Banten Qualifiers? Simak deretan fakta menarik berikut ini. 

1. Jastin Gatlin Ikut SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers

Salah satu peserta middle distance 1.000m putra dari SMA IGN Slamet Riyadi ada yang bernama Jastin Gatlin. Nama ini berhasil mencuri perhatian dari keseluruhan penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Pasalnya, mirip dengan sprinter asli asal Amerika Serikat, yakni Justin Gatlin. 

2. Pecah Rekor 100m Putri 

Calista Esther Emily dari SMA IGN Slamet Riyadi berhasil memecahkan rekor 100m putri dari Energen Champion SAC Indonesia 2023. Dalam babak final yang diselenggarakan 5 November 2023, Calista finis dengan catatan waktu 12,74 detik. Calista berhasil menggeser rekor yang diperoleh oleh Dihanis Arsita dari SMAN 4 Malang, dengan catatan waktu 12,92 detik. 

Baca Juga: Atletik Punya Sejarah Panjang di Solo, Berikut Deretan Fakta Menariknya!

3. SMAN 2 Tangerang Selatan Kawin Gelar

SMAN 2 Tangerang Selatan berhasil mengawinkan gelar middle distance 1.000m. Adalah Sasha Symphony Az-Zahra yang menjuarai sektor putri dengan catatan waktu 3 menit 33,51 detik. Sementara Taffarel Juan Chrissanto berhasil finis tercepat dengan perolehan waktu 2 menit 43,97 detik. 

4. Tzu Chi PIK Berhasil Kalahkan Juara Musim Lalu

SMA Tzu Chi PIK berhasil menjuarai relays 4x100m putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Mereka finis pertama dengan perolehan waktu 59,06 detik. Mereka juga berhasil mengalahkan juara musim lalu, SMAN 75 Jakarta, yang finis kedua dengan catatan waktu 59,46 detik. Nantinya, kedua sekolah tersebut akan kembali bersaing di National Championship. 

5. SMAN 39 Jakarta Back to Back Champion

SMAN 39 Jakarta berhasil kembali meraih juara dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Sekolah tersebut menyabet podium pertama untuk relays 4x100m putra. Ini merupakan kali kedua bagi SMAN 39 Jakarta menjuarai Jakarta Banten Qualifiers. Sehingga mereka pantas menyandang gelar sebagai back to back Champion. 

Baca Juga: National Championship Siap Digelar di Solo, 18-20 Januari 2024

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES