Yanuar Dwicahya Putra dari SMAN 1 Beber saat bersaing di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifier

Rekor lompat jauh putra Energen Champion SAC Indonesia belum ada yang memecahkan. Hingga saat ini, rekor nomor tersebut masih dipegang okeh Zikril Hakim. Siswa SMAN 4 Praya yang menjuarai Energen Champion SAC Indonesia 2022 Bali Nusra Qualifiers. Zikril menggemparkan dunia atletik pelajar dengan lompatannya yang berjarak 6,67 meter. 

Namun, Zikril Hakim tak bisa mempertahankan gelar tersebut di babak National Championship. Dan rekornya masih berada diklasemen puncak. Penasaran siapa saja juara regional qualifiers lain yang mendekati rekor SAC yang diperoleh oleh Zikril Hakim? Cek daftarnya:

1. Zikril Hakim (SAC 2022) 

Zikril Hakim saat ini masih memegang rekor SAC di nomor lompat jauh putra. Siswa SMAN 4 Praya tersebut berhasil memimpin klasemen dengan perolehan 6,67 meter. Hingga penyelenggaraan musim perdana 2023 selesai, belum ada yang berhasil mematahkan rekor tersebut di lompat jauh putra. 

2. Firli Sahputra (SAC 2022)

Firli Sahputra adalah juara National Championship 2022. Siswa SMKN 2 Medan tersebut berhasil menjuarai babak puncak SAC Indonesia dengan perolehan catatan jarak 6,64 meter. Hampir memecahkan rekor yang dimiliki oleh Zikril Hakim. Firli kemudian menjadi delegasi Sumatera Qualifiers yang meraih training camp di Australia. 

3. Deva Arya Dirga (SAC 2022)

SMAN 4 Surakarta memiliki wakil yang begitu diperhitungkan di Energen Champion SAC Indonesia 2022 Central Java Qualifiers. Adalah Deva Arya Dirga. Yang juga berhasil meraih podium kedua di babak National Championship dengan perolehan jarak lompatan 6,53 meter. Sayangnya, Deva tak kembali bersaing di SAC 2023 karena telah bersaing di kompetisi profesional, POPNAS. 

4. Farrel Wijayanto (SAC 2022)

Farrel Wijayanto merupakan pemegang gelar 3rd place di National Championship 2022. Khususnya untuk nomor lompat jauh putra. Siswa SMAN 4 Malang tersebut mencatatkan lompatan sejauh 6,4 meter. 

5. Yanuar Dwicahya Putra (SAC 2023)

Yanuar Dwicahya Putra adalah juara Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Siswa SMAN 1 Beber tersebut berhasil memenangkan di regional qualifiers tersebut dengan perolehan 6,32 meter. Dan catatan lompatannya terbaik di antara top klasemen selama musim 2022-2023. 

Baca Juga: Top 5 Catatan Jarak Lompat Jauh Putri 2022-2023

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES