Aksi Radea Pijar Ramadhan di babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers

Radea Pijar Ramadhan mengukir sejarah baru di Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers. Siswa SMA Muhammadiyah 2 Genteng itu menghuni tempat ketiga dalam perlombaan middle distance 1.000m putra. Radea finis dengan perolehan waktu 2 menit 52,523 detik. 

Ini menjadi kali pertama bagi Radea bersaing di SAC Indonesia 2023. Sebenarnya, Siswa spesialis 400m itu ingin mengikuti SAC Indonesia sejak musim lalu. Hanya saja jadwal lombanya telah padat sejak 2022. 

"Sebenarnya pengen ikut dari SAC season 1 (2022). Tapi karena pas waktu itu aku juga ada lomba akhirnya nggak jadi. Nah terus dari itu langsung persiapin diri buat SAC tahun depan dan kata temen aku kompetisinya juga seru banget jadi makin semangat buat persiapan," kata Radea.

Radea sedikit menyesal baru debut di SAC Indonesia musim ini. Pasalnya, ia mendengar kompetisi SAC Indonesia begitu bergengsi dan seru. "Baru merasakan tahun ini, dan memang seru banget. Tapi sebentar lagi lulus harusnya tahun kemarin," ungkap Radea.

Karena menyabet podium ketiga di SAC Indonesia, Radea, melenggang ke babak National Championship. Yang akan diselenggarakan di Solo, Januari 2023 Mendatang. Babak puncak dari SAC Indonesia itu akan berlangsung di Stadion Sriwedari. 

"Aku lumayan sering mengikuti kejuaraan dari kelas 2 SMP, cuma jarang banget mendapatkan juara. Kebetulan ini kali ketiga aku bersaing di 1.000m. SAC yang ketiga," kata Radea. 

Radea mengaku begitu bangga menjadi bagian dari keluarga SAC Indonesia. Sebelumnya, ada seniornya dari SMA Muhammadiyah 2 Genteng yang juga mentereng unggul di kompetisi ini. 

"Dulu kakak kelas aku ikutan SAC 2022 dan dia juara 3 di 1000m dan tahun ini gantian aku yang juara 3 di 1000m juga, dan kemarin dia juga yang jadi salah satu official-ku. Turun temurun jadinya," tandas Radea. 

Baca Juga: SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers Tuntas, Ada 3 Pecah Rekor!

Energen Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers digelar di Lapangan THOR, Surabaya pada 8-10 Desember 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air itu diikuti oleh 5.277 siswa dari 610 sekolah dari seluruh Jawa Timur. Mulai jenjang SD, SMP hingga SMA.

East Java Qualifiers merupakan salah satu dari total enam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan Central Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES