Eka Triamitha saat melakukan UPP dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers

Eka Triamitha melakukan epic comeback dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Siswa SMKN 1 Ceput tersebut kembali naik podium di nomor lompat jauh putri. Ini menjadikan Eka sebagai juara baru di Central Java Qualifiers. 

Nyaris pecah rekor, Eka mencatatkan lompatan sejauh 4,87 meter. Saat ini, rekor SAC di nomor lompat jauh putri masih dipegang oleh Winney Maharati Ruung. Yang meraih perolehan 4,93 meter, saat babak National Championship pada Januari 2023 lalu. 

"Kemarin itu kan aku juga sempet hampir nyetak rekor baru jadi ya agak sedih dan kecewa karena nggak bisa pecahin rekor lompat jauh. Aku juga berharap di Solo bisa nyetak lompatan yang bagus," ungkap Eka, saat dihubungi oleh tim SAC Indonesia. 

Pada penyelenggaraan SAC Indonesia 2022 Central Java Qualifiers, Eka Triamitha menempati posisi kedua dengan perolehan jarak 4,73 meter. Saat itu, Eka masih duduk di bangku SMP dan mewakili SMPN 2 Cepu. 

Baca Juga: SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang Epic Comeback, Pecah Rekor 4x100m!

"Karena aku sudah mendalami lompat jauh itu sudah cukup lama kurang lebih dari kelas 5 SD tapi baru fokus, banget mendalami itu dari kelas 1 SMP. Jadi tahun kemarin memang pertama kalinya bersaing di SAC Indonesia," kata Eka. 

Eka mengaku bahwa dirinya memang menantikan SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers. Menurutnya, SAC Indonesia menjadi salah satu event yang dapat mengembangkan pelajar di dunia atletik. "Sangat seru sih soalnya tambah pengangalaman juga tambah temen dan juga kemarin waktu ada notif dari SAC langsung pengen cepet-cepet daftar," lanjut Eka. 

Eka nantinya akan bersaing babak di National Championship. Ia akan mewakili Central Java Qualifiers di babak puncak. Eka tak sendirian. Ia akan ditemani oleh Deiya Kurniya Yunita dan Eka Fitriani Hamida. 

"Senang banget sih bisa ke Solo soalnya emang tujuan aku bisa lolos dan semoga di Solo aku bisa memberikan hasil yang maksimal dan juga juara," lanjut Eka. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Central Java Qualifiers digelar pada 24-26 November 2023. Kompetisi atleik pelajar terbesar di Indonesia itu diikuti oleh 4.168 pelajar dari 392 sekolah di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Baca Juga: 48 Pelajar Central Java Qualifiers Melenggang ke National Championship

Central Java Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Bali Nusra Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers dan East Java Qualifiers.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES