Sang Ayu Putu Devitasari usai bersaing di babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers

Sang Ayu Putu Devitasari begitu serius menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers. Siswi SMAN 1 Kintamani tersebut bahkan rela terbang ke Kupang, Nusa Tenggara Timur dari Bali demi mengikuti kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu. Dengan latihan yang mumpuni, Sang Ayu -panggilannya- berhasil menyabet podium pertama. 

Sebagai juara 80 meter putri musim lalu, Sang Ayu masih berjaya di nomor lari jarak pendek. Pada Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers itu, Sang Ayu menyabet gelar juara untuk 100 meter putri. Membuatnya melaju ke babak National Championship, yang akan digelar di Solo, pada Januari mendatang. 

Keberhasilan Sang Ayu di Bali Nusra Qualifiers tak lepas dari dukungan dari orang-orang sekitarnya. Mulai dari orang tua, pelatih, teman hingga seniornya. Ya, Sang Ayu mendapat suntikan motivasi dari Ni Kadek Budiarsini. Juara 100 meter putri Bali Nusra Qualifiers 2022 dari SMAN 1 Bangli. 

Sebelum keberangkatan Sang Ayu ke Kupang, Budiarsini -panggilannya- memberikan pesan agar Sang Ayu tetap fokus dalam perlombaan. Agar semua yang diimpikannya dapat tercapai dengan baik. "Kak Budiarsini juga bilang kalau jangan mudah putus asa, tetap semangat dan tetap rendah hati. Latihan yang rajin," katanya. 

Budiarsini tentunya bangga, gelar 100 meter putri masih menjadi milik student athlete dari Bali. Terlebih lagi, gelar tersebut diraih oleh juniornya. 'Semoga nanti di National Championship dapat memberikan yang terbaik," terang Sang Ayu.

Baca Juga: National Championship Telah Menanti 48 Juara Jakarta Banten Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers diikuti oleh 4.018 pelajar dari 191 sekolah di seluruh Bali dan Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Kompetisi atletik pelajar terbesar ini akan berlangsung pada 26-28 Oktober 2023.

Bali Nusra Qualifiers merupakan salah satu dari total penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Selain wilayah tersebut, SAC Indonesia 2023 akan menyelenggarakan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers, Central Java Qualifiers dan East Java Qualifiers. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan dilanjutkan di National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. (*)

  RELATED ARTICLES