Sosok Nuby Alfarizi usai menuntaskan perlombaan sprint 80 meter putra di kompetisi Energen Champion SAC Indonesia 2022 Jakarta Banten Qualifiers

SMKN 7 Jakarta bakal punya wakil yang diperhitungkan dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. Sekolah tersebut mendelegasikan nama yang cukup mentereng di dunia atletik Ibu Kota. Adalah Nuby Alfarizi. Yang nantinya akan bersaing dalam kompetisi 100 meter putra. 

Ini merupakan tahun kedua bagi Nuby dalam ikut serta di Energen Champion SAC Indonesia. Di musim lalu, Nuby mewakili SMPN 6 Jakarta dalam perlombaan 80 meter putra. Ia berhasil meraih podium pertama dengan mencatatkan waktu 9,86 detik. Itu juga membuat nama Nuby menggema di sekolah-sekolah Jakarta Banten Qualifiers. 

"Tahun lalu ikut SAC, tapi karena tingkat SMP nggak lanjut ke nasional, akhirnya tahun ini ikut lagi. Kebetulan sudah SMA juga. Dan tahun ini memang targetnya bisa melanjutkan ke tingkat nasional. Karena yang National Championship di Stadion Madya itu lihatnya seru," ungkap Nuby. 

Babak National Championship dari Energen Champion SAC Indonesia rencananya akan diselenggarakan di Solo pada Januari 2024 mendatang. Lolos ke babak tersebut merupakan mimpi semua peserta SAC Indonesia. Di babak itu, juara-juara regional qualifiers diadu kembali untuk memperebutkan titel "Champion SAC" dan tiket training camp ke luar negeri. 

"Kebetulan sudah sering ikut kompetisi bulanan di DKI Jakarta. Ya semoga bisa perform maksimal besok," tutur Nuby. 

Meskipun mengantongi pengalaman besar di Energen Champion SAC Indonesia 2022, Nuby masih menganggap persaingan Jakarta Banten Qualifiers akan begitu ketat baginya. "Apalagi kan baru Masuk SMK, tentunya banyak lawan-lawan baru," tandas Nuby. 

Baca Juga: Delegasi SMPN 8 Tangsel dan SMPN 6 Jakarta Jadi Kampiun Sprint 80 Meter

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers akan diselenggarakan di GOR Rawamangun, Jakarta. Kompetisi atletik terbesar di Indonesia itu akan berlangsung pada 3-5 November.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

Buat kamu yang nggak mau ketinggalan kabar dari Energen Champion SAC Indonesia, kamu bisa klik link ini.

  RELATED ARTICLES