Febriana Hadi (tengah) usai menerima UPP dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers punya juara baru di nomor 100 meter putri. Ia adalah Febriana Hadi. Siswi SMAN 3 Cibinong yang berhasil mencatatkan waktu 13,10 detik. Feby -panggilannya- juga merupakan debutan di SAC Indonesia. Ia mengikuti kompetisi ini karena tertarik sistem kompetisi bertingkat milik SAC. 

"Di SAC itu kan kalau menang kompetisi regional qualifiers ada tingkat nasionalnya. Tentunya bisa jadi pengalaman berharga," ungkap Feby. 

Harapan Feby di babak National Championship begitu besar. Yakni bisa menembus waktu 12 detik. Seperti rekor SAC yang saat ini dipegang oleh Dihanis Arsita dari SMAN 4 Malang. Yang sukses mencatatkan waktu 12,92 detik. "Untuk National Championship besok ini, tentunya bisa makin semangat latihan," ungkap Feby. 

Feby telah lama menekuni olahraga atletik. Kurang lebih sekitar lima tahun. Sejak SD, Feby telah aktif mengikuti kejuaraan atletik. Khususnya untuk nomor sprint 100 meter putri. "Dari kecil memang sudah cinta banget di atletik.  Aku selalu berdoa semoga atletik Indonesia terus sukses. Apalagi kalau ada kompetisi SAC seperti ini," lanjut Feby. 

Baca Juga: 48 Pelajar Terbaik Sumatera Siap Bersaing di National Championship

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers diikuti oleh 5.611 pelajar dari 417 sekolah dari seluruh Jawa Barat. Kompetisi atletik pelajar terbesar ini diselenggarakan pada 22-24 September 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers merupakan salah satu dari enam penyelenggaraan total SAC Indonesia musim kedua. Selain West Java, SAC Indonesia juga akan digelar di Sumatera, East Java, Central Java, Jakarta Banten dan Bali Nusra.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES