Vira Chazinatuss'AB berhasil mencuri perhatian. Siswa SMAN 7 Cirebon tersebut kembali meraih juara di nomor lari 1.000 meter putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Pada babak final yang diselenggarakan Minggu, 24 September 2023, Vira finis pertama dan melakukan pecah rekor 1.000 meter putri. 

Vira mencatatkan waktu 3 menit 23,72 detik. Waktu ini lebih tajam dari milik pemegang rekor sebelumnya, Aziyyati Dina Amalina dari SMAN 1 Pabelan, Central Java Qualifiers. Dalam babak final National Championship, Aziyyati mencatatkan perolehan 3 menit 24,49 detik. Tentunya ini menjadi sejarah baru bagi Jawa Barat di kompetisi atletik pelajar terbesar. 

Meskipun telah pecah rekor dan meraih juara, Vira mengaku bahwa persaingan tahun ini lebih ketat daripada perlombaan West Java Qualifiers sebelumnya. Pasalnya, tahun ini banyak peserta baru yang memiliki target besar. "Tahun kemarin tuh, 3 menit 43 detik sudah bisa berangkat. Nah tahun ini lebih tajam," kata Vira. 

Baca Juga: 48 Pelajar Terbaik Sumatera Siap Bersaing di National Championship

Rasa optimistis dan latihan dengan serius merupakan target Vira untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. "Yang bikin nggak nyangka itu catatan waktunya. Karena ditargetkannya itu 3 menit 26 detik. Ternyata 3 menit 23 detik. Ini PBku sih," lanjutnya. 

Sementara itu, di posisi kedua ada Joan Alexandria dari SMA Kesatuan. Joan juga tidak menyangka sukses finis di urutan kedua pada babak final Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. "Ini achievement yang luar biasa banget. Karena aku sendiri baru tiga bulan di atletik. Yang jelas nanti malam mau tidur pakai medali ini sih," kelakar Joan. 

Baca Juga: Dispora Jabar Apresiasi Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers diikuti oleh 5.611 pelajar dari 417 sekolah dari seluruh Jawa Barat. Kompetisi atletik pelajar terbesar ini diselenggarakan pada 22-24 September 2023. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers merupakan salah satu dari enam penyelenggaraan total SAC Indonesia musim kedua. Selain West Java, SAC Indonesia juga akan digelar di Sumatera, East Java, Central Java, Jakarta Banten dan Bali Nusra.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

Hasil 1.000 Meter Putri:

1. Vira Chazinatuss'AB (SMAN 7 Cirebon) - 3 menit 23,72 detik

2. Joan Alexandria (SMA Kesatuan) - 3 menit 25,09 detik

3. Sala Nursyafa Jajuar (SMAN 1 Singaparna) - 3 menit 30,50 detik

  RELATED ARTICLES