Aksi Risqiana Akbar dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

SMK Ibnu Khaldun memiliki jagoan yang patut diperhitungkan. Ia adalah Risqina Akbar. Dalam kompetisi Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, Sabtu, 23 September 2023, Risqina meraih jarak tolakan sejauh 13,10 meter. Membuatnya menjadi salah satu lawan kuat di babak National Championship mendatang. 

Perolehan Risqi hanya terpaut 0,89 meter dari Catatan Bayanillah (juara West Java Qualifiers 2022). Bayan meraih predikat sebagai Winner setelah membuat lemparan sejauh 14,01 meter. Di babak National Championship, Bayan berhasil mencatatkan rekor sejauh 14,66 meter. Tak menutup kemungkinan Bahwa jarak lemparan Rsqi akan meningkat seperti Bayan. 

"Tentunya senang sekali. Sudah latihan dengan matang. Dan benar-benar serius menghadapi kompetisi ini," ungkap Risqi. 

Rsqina sebenarnya sudah dua kali mengikuti Energen Champion SAC Indonesia. Tahun lalu, ia bersaing sebagai salah satu member estafet dari skuad SMK Ibnu Khaldun. Namun, kini, Risqina tampil seorang diri. 

Baca Juga: West Java Qualifiers Punya Juara Tolak Peluru Baru dari SMAN 1 Babakan

Nantinya, ia akan melaju ke babak National Championship bersama dengan pemegang gelar 2nd Place dan 3rd Place. Yakni Cahyo Adi Wicaksono (SMA Indocement) dan Muhamad Zihan Mubaroq (SMAN 1 Pagadean). Masing-masing berhasil mencatatkan tolakan sejauh 12,19 meter dan 11,60 meter. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

Hasil Tolak Peluru SMA Putra:

1. Risqina Akbar (SMK Ibnu Khaldun) - 13,10 meter

2. Cahyo Adi Wicaksono (SMA Indocement) - 12,19 meter

3. Muhamad Zihan Mubaroq (SMAN 1 Pagaden) - 11,60 meter

  RELATED ARTICLES