Gubernur Edy Rahmady saat memberikan starter dalam perlombaan 80 meter putri saat membuka Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

Siapa yang udah kangen Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers? Salah satu babak kualifikasi dari kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu baru saja tuntas pada 3 September 2023 lalu. Namun, Sumatera Qualifiers 2023 sukses bikin banyak orang kangen! 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi atletik paling bergengsi di Indonesia. Tahun ini, Energen Champion SAC Indonesia 2023 diselenggarakan di enam qualifiers. Yakni Sumatera, West Java, Bali Nusra, East Java, Jakarta Banten dan Central Java. 

Untuk Sumatera Qualifiers, Medan kembali menjadi tuan rumah. Stadion UNIMED menjadi saksi perebutan titel juara dari sekolah-sekolah dari seluruh Sumatera. Tercatat sebanyak 6023 pelajar dari lebih 400 sekolah ikut serta dalam kompetisi tersebut. Berdasarkan angka tersebut, Sumatera Qualifiers memecahkan rekor peserta terbanyak dari gelaran musim sebelumnya. 

Tak hanya itu, Sumatera Qualifiers juga menjadi Opening dari penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023. Acara yang berlangsung 1-3 September tersebut dihadiri oleh Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi. Juga Sekretaris Jendral PB PASI Tigor Tanjung dan Ketua Pengprov PASI Sumut David Luther Lubis. 

Baca Juga: SMAN 1 Bandar Lampung Kampiun 4x100 Meter Putra Sumatera Qualifiers

Dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 terdapat banyak juara baru. Namun tak sedikit juga juara musim lalu yang kembali berlaga. Misalnya, M. Deka Pratama dari SMK Jambi Kota Medan, juara 100 meter putra North Sumatera Qualifiers 2022. Ada juga Misrianti dari SMKN 1 Teluk Mengkudu yang kembali meraih podium. 

Ada juga beberapa juara baru yang mencuri perhatian. Misalnya, wakil SMAN 4 Kisaran, Rifqi Amsyah Alkhofidh berhasil meraih podium lompat jauh putra. Kemudian, ada juga juara 100 meter putri dari SMAN 2 Medan. 

Nah, bagi kamu yang belum move on dari banyak momen menarik di Sumatera Qualifiers, kamu bisa menonton highlight Sumatera Qualifiers yang tayang hari ini. Highlight perlombaan bisa kamu saksikan di channel YouTube resmi SAC Indonesia atau klik link di bawah ini: 

  RELATED ARTICLES