SMKN 1 Soreang akan debut dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Yang diselenggarakan di Stadion Arcamanik, Bandung, Jawa Barat. Mulai 22-24 September 2023. 

Nantinya, dalam kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu, SMKN 1 Soreang akan diwakili oleh Devandra Alhaan Gunawan. Yang akan besaing untuk nomor lari 1.000 meter putra. Ini juga akan menjadi pengalaman berharaga bagi Devandra -panggilannya- berlaga. 

"Minat untuk ikut serta dalam SAC Indonesia datang dari Devandra. Saya sebagai guru dan sekolah tentunya menyambut baik minat tersebut," kata Ade Zenal Mustopa, guru di SMKN 1 Soreang. 

SMKN 1 Soreang memang belum memiliki ekstrakurikuler atletik. Namun, untuk penyelenggaraan kompetisi pelajar, sekolah tersebut selalu aktif menelusuri bakat siswa-siswanya. "Nah, Devandra ini memang menjadi salah satu yang kita persiapkan untuk mengikuti kompetisi pelajar. Misalnya O2SN," lanjut Ade Zenal Mustopa. 

Ade berharap, keikutsertaan Devandra di ajang SAC Indonesia ini menjadi tolok ukur dari proses latihan yang telah ia jalani selama ini. Dan juga sebagai motivasinya untuk terus maju dan tekun mempelajari atletik. Ini juga bisa menularkan semangat pada teman-teman di sekolahnya untuk tetap semangat mempelajari olahraga. 

Tak lupa, Ade juga mengapresiasi penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Menurutnya, ini menjadi ajang penyaluran minat dan bakat siswa di bidang atletik. Juga menjadi momen untuk menunjukkan kemampuan siswa. "Lalu ini juga bisa menjadi evaluasi setelah kegiatan," lanjut Ade. 

Sosok Devandra saat berlatih untuk Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Dalam penyelenggaraan musim perdana, Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers diikuti oleh lebih dari empat ribu pelajar. Sebanyak 32 di antara jumlah tersebut melaju ke babak National Championship. Di babak puncak, dua wakil Jawa Barat berhasil menjuarai Energen Champion SAC National Championship. Mereka adalah Bayanillah dari SMAN 7 Cirebon di nomor tolak peluru, dan Yogi Saputra dari SMAN 1 Surade di nomor 100 meter putra. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES