Skuad SMA Daarut Tauhiid yang akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers

SMA Daarut Tauhiid akan berlaga dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Sekolah tersebut mengirimkan delegasi sebanyak enam orang. Yang akan bersaing di nomor lompat jauh, lari jarak pendek hingga. Menurut Muhammad Azmil Mukarom, guru PJOK sekolah tersebut, para siswanya begitu antusias karena SAC Indonesia merupakan kompetisi tingkat nasional. 

"Ini menjadi tahun pertama kami di SAC Indonesia. Awalnya ikut karena dapat informasi dari yang jenjang SMP. Dan kami bersama anak-anak mempersiapkan diri dengan serius untuk menghadapi kompetisi ini," ungkap Azmil. 

Semua wakil dari SMA Daarut Tauhiid merupakan pemula. Mengingat Energen Champio SAC Indonesia memang diperuntukkan bagi pelajar non atlet profesional. Sehingga ada kesempatan bagi mereka yang belum pernah memiliki pengalaman berlomba di atletik untuk ikut bersaing. 

"Karena pemula, untuk latihannya dari latihan teknik dasar sampai ke fisik. Dan itu ada program latihannya, langsung dari guru olahraga," lanjut Azmil. 

Keikutsertaan SMA Daarut Tauhiid dalam Energen Champion SAC Indonesia juga merupakan bagian dari sekolah tersebut mendukung perkembangan atletik Indonesia. 

"Olahraga atletik ini olahraga yang bermasyarakat sehingga bakat-bakat anak akan terlihat. Apalagi atletik ini olahraga yang bergengsi, dan anak-anak belum tahu betul lomba atletik secara universal," kata Azmil. 

Baca Juga: Menanti Juara 1.000 Meter dari West Java Qualifiers

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Dalam penyelenggaraan musim perdana, Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers diikuti oleh lebih dari empat ribu pelajar. Sebanyak 32 di antara jumlah tersebut melaju ke babak National Championship. Di babak puncak, dua wakil Jawa Barat berhasil menjuarai Energen Champion SAC National Championship. Mereka adalah Bayanillah dari SMAN 7 Cirebon di nomor tlak peluru, dan Yogi Saputra dari SMAN 1 Surade di nomor 100 meter putra. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES