Andrew Vlahov bersama dengan siswa-siswi SD Al Azhar Surabaya saat bermain di DBL Academy, Pakuwon Mall, Surabaya, pada Rabu, 6 September 2023

DBL Indonesia punya sejarah panjang dengan Western Australia. Khususnya dalam bidang olahraga. Pada 2008 silam, DBL Camp edisi dua tahun pertama membawa para pemain yang tergabung dalam skuad elite DBL All-Star belajar ke Perth, Western Australia. Dalam program itu, ada tangan hebat yang turut andil, yakni Andrew Vlahov. Sang legenda basket Australia yang peduli terkait perkembangan basket Tanah Air. 

Dalam sebuah acara bertajuk Sports Diplomacy – Sports to Friendships, Andrew Vlahov bersama dengan Premier Western Australia Roger Cook hadir di DBL Academy Pakuwon Mall, Surabaya, Jawa Timur. Acara ini juga dalam rangka mempererat kolaborasi yang telah terjalin cukup lama. Khususnya antara Western Australia dengan DBL Indonesia. 

Baca Juga: Pemerintah Western Australia Senang Jadi Bagian Kemajuan Atletik Indonesia

Vlahov memanfaat kesempatan itu untuk mengungkapkan rencana besarnya. Antara DBL Indonesia, dirinya dan Western Australia. Ia akan membuat turnamen dengan konsep multi events. Mirip seperti Commonwealth Games. Hanya saja levelnya berbeda. 

“Namanya friendship game. Itu seperti turnamen multi events. Ada basket, sepak bola, atletik, bulu tangkis, voli, dan masih banyak lagi,” ungkap Andrew Vlahov.

Bagi Andrew Vlahov, kegiatan tersebut akan sangat menyenangkan jika teman-teman dari DBL Indonesia datang sebagai kontestan.

Baca Juga: Western Australia Terbuka dengan Student Athlete yang Mau Belajar ke Aussie

“Sangat senang jika student athlete dari DBL bisa bergabung. Ini memang tujuan utama kita membuat acara tersebut. Menjadi tempat untuk saling berbagi dan belajar. Bukan hanya tentang olahraga saja, melainkan juga tentang budaya dari kedua negara ini,” terangnya.

Sebagai sports management terbesar di Tanah Air, DBL Indonesia telah bertahun-tahun menunjukkan komitmennya dalam memajukan kegiatan anak muda dan olahraga. Beberapa disiplin yang dipilih dalam turnamen multi events Andrew Vlahov adalah cerminan pas bagi DBL Indonesia. 

Selain memiliki core di dunia basket, DBL Indonesia juga berkecimpung di dunia sepak bola Tanah Air. Dengan mengelola klub asal Surabaya, Persebaya. Terbaru, DBL Indonesia juga menjalankan kompetisi atletik terbesar di Tanah Air, yang bertajuk Energen Champion SAC Indonesia. 

“Sangat senang jika student athlete dari DBL bisa bergabung (dalam rencana turnamen multievents). Ini memang tujuan utama kita membuat acara tersebut. Menjadi tempat untuk saling berbagi dan belajar. Bukan hanya tentang olahraga saja, melainkan juga tentang budaya dari kedua negara ini,” terangnya.

Andrew Vlahov adalah pemain basket mentereng menjadi bagian dari timnas Australia dalam Olimpiade 1988,1992,1996 dan 2000. Lalu sempat membela klub NBL Australia, menjadi pemain profesional di beberapa liga internasional dan masih banyak  (*)

  RELATED ARTICLES