Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers tuntas diselenggarakan. Salah satu jawara dalam kompetisi terbesar di Indonesia itu adalah SMAN 1 Bandar Lampung. Sekolah tersebut menjuarai nomor lari estafet 4x100 meter putra. Dengan catatan waktu yang mengagumkan. Yakni 45,3 detik. 

Perjuangan SMAN 1 Bandar Lampung untuk mengikuti SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers begitu besar. Pun totalitas. Skuad estafet sekolah itu rela menempuh perjalanan 1.700 Km ke Medan demi bisa meraih juara. Selain itu, SMAN 1 Bandar Lampung memiliki visi misi besar agar bisa berlomba di tingkat nasional. 

"Bersyukur bisa meraih juara. Semoga nanti bisa tampil lebih maksimal di tingkat National Championship," kata Andre Hari Wibowo, pelatih atletik di SMAN 1 Bandar Lampung. 

SMAN 1 Bandar Lampung berangkat ke Medan menggunakan jalur darat dan udara. Sekolah tersebut melakukan perjalanan 12 jam menuju Jakarta. Yang kemudian dilanjutkan dengan pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang ke Medan. 

Setelah menyabet posisi juara untuk 4x100 meter putra, SMAN 1 Bandar Lampung kembali ke kota asal untuk mempersiapkan diri menghadapi babak National Championship. Apalagi, SMAN 1 Bandar Lampung akan bersaing dengan wakil dari qualifiers yang lain. "Kami segera pulang. Buat latihan hehehe," kata Andre. 

Andre bersama skuad estafet 4x100 meter putra pulang menuju Lampung pada Senin, 4 September 2023. Satu hari setelah Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers digelar. "Kalau berangkat pakai pesawat, pulangnya pakai bus. Kami berangkat jam 18.45 kemarin, baru sampai Hari Rabu besok," terang Andre. 

Baca Juga: SMAN 1 Bandar Lampung Kampiun 4x100 Meter Putra Sumatera Qualifiers

Sejak kepulangan dari Sumatera Qualifiers, Andre semakin memprioritaskan terkait nutrisi, latihan dan istirahat. Agar performa anak-anak semakin baik. "Saya memang cerewet banget kalau soal nutrisi dan istirahat. Apalagi ini mau National Championship. Anak-anak harus menjaga betul kondisinya. Terkadang anak-anak kalau main gadget itu sudah nggak kenal waktu," lanjut Andre. 

Sebenarnya, bukan hanya SMAN 1 Bandar Lampung yang harus menempuh perjalanan jauh untuk berlaga di Sumatera Qualifiers. Ada juga MIN 1 Labuhan Batu. Meskipun masih satu provinsi dengan kota penyelenggaraan, MIN 1 Labuhan Batu juga menempuh perjalanan dari Labuhan Batu menuju Medan. Dengan memakan waktu tujuh tam. 

Antusiasme dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers begitu luar biasa. Dua sekolah di atas merupakan salah satu contohnya. Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers sukses digelar mulai 1-3 September 2023. Kompetisi tersebut diikuti oleh 6023 pelajar dari 350 sekolah. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak NationaChampionship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES