Nasywa Athaya saat berlomba dalam Energen Champion SAC National Championship 2022

Tolak peluru putri merupakan salah satu nomor paling diperebutkan dalam penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022. Pada musim baru, peserta nomor lempar paling populer ini semakin berlipat ganda. Namun, bagaimana ya persaingan tolak peluru Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers? 

Jawa Barat dikenal sebagai penghasil atlet tolak peluru ternama. Bagaimana tidak? Eki Febri Ekawati, atlet tolak peluru putri terbaik di Indonesia, berasal dari wilayah ini. Eki tentunya memberikan banyak pengaruh kepada pengembangan atletik pelajar di Jawa Barat. Terbukti, banyak bakat-bakat hebat nomor tolak yang terlihat selama penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022. 

Dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022, Nasywa Athaya dari SMAN 1 Ciamis berhasil menduduki posisi juara, setelah lemparan ketiganya mencatatkan jarak 7,76 meter. Hasil tersebut juga membuat Nasywa melaju ke babak Energen Champion SAC National Championship. Yang digelar di Stadion Madya, GBK, Jakarta. 

Apakah juara tolak peluru putri akan kembali ke tangan Nasywa Athaya? Layak kita nantikan. 

Nasywa Athaya dipastikan kembali dalam kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut. Ia masih akan membela SMAN 1 Ciamis untuk nomor tolak peluru putri. Keberadaan Nasywa dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 tentunya akan menjadi lawan yang berat. Pengalamannya bersaing dalam SAC nasional membuat Nasywa semakin garang. 

Di belakang Nasywa juga ada Diana Rizqiyati dari SMAN 1 Lembang. Yang juga berhasil melaju ke babak National Championship di Jakarta. Diana merupakan runner up dari nomor tolak peluru putri West Java Qualifiers 2022 dengan perolehan 7,22 meter. 

Baca Juga: Nasywa Athaya Bakal Kembali Bersaing di SAC Indonesia West Java Qualifiers

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa sekolah atau pelajar baru akan meraih juara dalam Energen Champion SAC Indonesia. Pasalnya, ini menjadi tahun kedua penyelenggaraan SAC Indonesia yang sangat dinantikan bagi semua sekolah di Jawa Barat. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES