Sosok Yuda Atma Wijaya saat berlatih untuk Energen Champion SAC Indonesia

Masih ingat dengan Yuda Atma Wijaya? Ia adalah pelajar SMAN 3 Selong, Lombok, NTB yang berlaga dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022 Bali Nusra Qualifiers. Khususnya dalam lompat jauh putra. Namun, dalam gelaran musim pertama, Yuda belum mendapatkan kesempatan untuk menghuni podium pertama. 

Tahun ini, Yuda rupanya akan kembali bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali Nusra Qualifiers. Yang rencananya akan diselenggarakan di Kupang, NTT. Nantinya, Yuda akan melakukan perjalanan dari Lombok menuju Kupang. "Nanti saya ditemani oleh pelatih. Dari lombok naik kapal, kemudian dilanjut dengan pesawat," kata Yuda. 

Semangat besar Yuda rupanya didukung dengan keinginannya untuk membanggakan orang tua dan keluarga terdekatnya. Selain itu, ia juga terinspirasi dengan para Champion SAC yang tahun lalu sukses melakukan training camp ke Australia. "Saya rela sekalipun jauh ikut SAC, karena saya ingin membuktikan pada semuanya, saya bisa memberikan yang terbaik," kata Yuda. 

Sosok Yuda Atma Wijaya, saat berlatih di startblock, sebelum bersaing di SAC Indonesia

Tahun ini, Yuda juga berpindah nomor lomba. Jika musim lalu ia bersaing di nomor lompat jauh, tahun 2023 ini, ia akan berlomba untuk nomor 100 meter putra. Menurut Yuda, perlombaan 100 meter memiliki peluang yang sesuai dengannya. "Saya akan mencoba di nomor baru. Semoga di nomor baru ini bisa menghasilkan prestasi," tuturnya. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Yuda berlatih setiap hari. Khususnya dalam melatih teknik, kekuatan dan speed. Yang tentunya ditambah dengan program-program dari pelatihnya. "Mulai sekarang sudah latihan nih, sampai jumpa di Kupang ya," tandas Yuda.

Baca Juga: Zikril Hakim Terbaik di Lompat Jauh Putra Kategori SMA

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES