Ivo Hendra (tengah) berfoto bersama anak-anak didiknya usai berlatih untuk mempersiapkan diri di SAC Indonesia

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers akan segera bergulir. Sekolah-sekolah di seluruh Sumatra mempersiapkan delegasi terbaik mereka untuk kompetisi atletik terbesar di Indonesia itu. Tak terkecuali SMKN 1 Dolok Masihul. Yang akan mengirimkan delegasi di nomor lari jarak pendek 100 meter, lari jarak menengah 1000 meter dan lompat jauh.

Menurut guru SMKN 1 Dolok Masihul, Ivo Hendra Friwandi Damanik, anak didiknya begitu antusias dalam mengikuti Energen Champion SAC Indonesia. Apalagi, anak didiknya memiliki bakat, minat dan daya juang yang tinggi. "Sehingga ketika ada perlombaan mereka giat berlatih," kata Ivo Hendra. 

Di samping anak didiknya berlatih, Ivo Hendra juga selalu memotivasi mereka melalui banyak cerita dari kesuksesan pelajar-pelajar dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022. "Saya ceritakan banyak hal kepada mereka. Ada atlet dari Sumut yang berhasil ke Australia. Sehingga saya ingin mereka termotivasi dengan cerita-cerita itu," kata Ivo Hendra. 

Menurut Ivo Hendra, ini merupakan kali kedua bagi sekolahnya ikut serta dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023. Tahun lalu, salah satu pelajar SMKN 1 Dolok Masihul berhasil menembus babak final. Namun, belum berkesempatan untuk meraih juara. "Maka dari itu, mungkin kesempatan mereka tahun ini bisa lebih besar," kata Ivo Hendra. 

Ivo Hendra mengaku begitu senang ketika Energen Champion SAC Indonesia 2023 diselenggarakan. Pasalnya, kompetisi atletik di wilayah Serdang Berdagai sendiri jarang dilaksanakan. "Biasanya ada seperti O2SN. Tapi SAC ini berbeda. Lalu sama bergengsinya juga dengan event profesional lainnya," kata Ivo Hendra. 

Nantinya, SMKN 1 Dolok Masihul akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Yang akan diselenggarakan pada 1-3 September 2023, di Stadion Unimed, Medan.

Baca Juga: Daftar Rekor North Sumatera Qualifiers 2022, Kapan Giliranmu?

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES