Sosok Sang Ayu Putu Devitasari saat bersaing Energen Champion SAC Indonesia 2022 Bali Nusra Qualifiers

Selamat merayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-78! Pagi ini, 17 Agustus 2023, jalanan ramai dengan kibaran bendera merah-putih. Suara lantang danton pasukan pasikbra terdengar dari ujung desa sampai ke ujung kota. Semua warga Indonesia tentunya merayakan momen besar ketika Tanah Air terlepas dari penjajahan Jepang dan Belanda pada 1945 silam. Tak terkecuali para peserta SAC Indonesia. 

Sang Ayu Putu Devitasari, juara Energen Champion SAC Indonesia 2022 Bali Nusra Qualifiers dari SMAN 1 Kintamani mengaku bersyukur dapat berjumpa kembali dengan HUT Kemerdekaan RI Ke-78. Setelah Covid-19 mereda, Sang Ayu senang masyarakat Indonesia, khususnya Bali, dapat kembali berkumpul untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ini.

"Senang karena ada pawai lagi, ada acara bersama nonton film kemerdekaan lagi, kemudian ada juga lomba-lomba yang diadakan di tingkat sekolah maupun daerah," kata Sang Ayu. 

Bagi Sang Ayu, kemerdekaan memang sudah patutnya dirayakan. Pasalnya, itu merupakan sebuah hasil dari usaha, pengorbanan, keberanian yang lepas atau bebas dari penjajahan kekuasaan pihak tertentu. Sang Ayu juga berpendapat bahwa dengan kemerdekaan, maka sebuah negara dapat merobohkan temboh batasan dalam hal berkarya dan berprestasi.

"Dan kita sebagai penerus bangsa ini, harus tetap mempertahankan kemerdekaan dengan banyak cara. Misalnya, memiliki keinginan agar tetap meraih prestasi untuk diri sendiri dan juga Indonesia," lanjut Sang Ayu. 

Meskipun begitu, Sang Ayu tetap miris dengan banyaknya praktik perusahaan asing yang menguasai Indonesia. Ia berharap, Indonesia ke depannya mampu berdikari. Dan memanfaatkan potensi anak muda. "Aku yakin kita bisa!," tandas Sang Ayu. 

Sementara itu, Ricky Winarsa, peserta lompat jauh putra dari Energen Champion SAC Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers, merayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 dengan upacara bendera di SMAN 62 Jakarta. Almamater yang akan ia wakili besok di Jakarta Banten Qualifiers. 

"Bagiku, dengan upacara bendera, kita bisa menunjukkan pada Indonesia bahwa kita bisa melanjutkan kemerdekaan dengan serius," kata Ricky. "Kemerdekaan itu sebuah status tertinggi yang sulit didapatkan. Jadi untuk menjaganya, kita bisa menyumbang prestasi dan berkarya dengan bakat kita," jelas Ricky. 

Baca Juga: Terinspirasi Budiarsini & Pertama Coba Tartan di SAC, Ini Kisah Sang Ayu!

Nantinya, baik Sang Ayu dan Ricky akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023. Mereka berharap tahun ini dapat memberikan yang terbaik untuk sekolah dan daerah. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES