Anak didik Eko Setiawan berfoto bersama tim atletik Kota Sukabumi

SMPN 2 Kota Sukabumi siap bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Sekolah tersebut telah mengirimkan pelajar sekitar enam orang. Yang tersebar dalam berbagai nomor lomba. Mulai dari lari jarak pendek, lompat jauh, tolak peluru hingga lari jarak menengah. 

Menurut guru PJOK sekaligus pelatih atletik di Sukabumi, Eko Setiawan, anak didiknya begitu antusias dapat bersaing dalam kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu. Eko juga mengaku bahwa mereka berlatih dengan giat. "Karena akan menghadapi SAC Indonesia, porsi latihan juga ditambah. Jadi sehari bisa sampai dua kali," katanya

Antusias dan semangat dari peserta didik dan Eko dikarenakan minimnya kompetisi atletik di Sukabumi. Meskipun nanti, Eko harus menempuh 3-4 jam ke Stadion Arcamanik, Bandung, tempat Energen Champion SAC Indonesia 2023 digelar. "Tahun kemarin juga ikut SAC, dan kami menginap sekitar 4 hari di Bandung. Anak-anak happy. Sekolah support, orang tua juga support," lanjut Eko. 

Tahun ini, Eko ingin anak didiknya bisa menembus babak final. Paling tidak ada di jajaran sepuluh besar dengan pesaing lainnya. Namun, Eko tidak menargetkan lebih. Pasalnya, misi utama Eko adalah agar anak-anak memiliki pengalaman untuk bersaing dan ajang unjuk gigi mereka. "Ada kemungkinan juga tahun ini persaingan akan lebih ketat. Terutama yang dari luar daerah Kota Bandung. Juara alhamdulillah, kalau tidak ya tidak apa-apa," ungkap Eko. 

Tak lupa Eko juga mengapresiasi Energen Champion SAC Indonesia 2023. Apalagi, kompetisi ini memiliki konsep bertingkat. Mulai dari babak regional qualifiers hingga National Championship. "Saya usul agar kalau bisa tingkat SD dan SMP juga bisa ke National Championship. Jadi agar lebih merata," tandasnya. 

Baca Juga: SMAN 7 Cirebon Taklukan Lompat Jauh Putri di West Java Qualifiers

Nantinya, anak didik Eko akan berlaga dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan digelar di Stadion Arcamanik, Bandung pada 22-24 September. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES