Salah satu skuad Estafet SMPN 8 Jakarta dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022-Jakarta Banten Qualifiers

SMPN 8 Jakarta siap mengguncang Energen Champion Student Athletics Championships Indonesia 2023 Jakarta Banten Qualifiers. 

Setelah menjuarai nomor estafet 5x80 meter dalam Energen Champion SAC Indonesia 2022-Jakarta Bantan Qualifiers, SMPN 8 Jakarta siap mempertahankan gelar tersebut. Tahun ini, mereka akan menurunkan dua tim estafet 5x80 meter. Sebagai tambahan, mereka juga mengirimkan delegasi untuk nomor 80 meter. Jumlah ini lebih banyak dari tahun lalu.

"Alhamdulillah, tahun lalu tim atletik SMPN 8 dapat menjadi tolok ukur bagi saya untuk memberikan ruang anak-anak agar bisa meraih prestasi demi mengharumkan sekolah," ungkap Ermyka Elma Ramadani, pelatih ekstrakurikuler dari SMPN 8 Jakarta. 

Menurut Ermyka, banyak program dan persiapan yang dilakukan oleh siswa-siswi SMPN 8 Jakarta. "Elemen latihan juga ditambah, mulai dari banyaknya pertemuan latihan perminggu, intensitas latihan, volume latihan. Daya tahan maupun speed juga termasuk dalam program menghadapi event SAC tahun ini," ungkap Ermyka. 

Selain bertambahnya jumlah delegasi, intensitas latihan ini menjadi salah satu cara bagi Ermyka untuk mengantisipasi persaingan tahun ini. "Pastinya tahun ini akan lebih ketat dari tahun lalu, tetapi hal tersebut tidak menjadi halangan bagi kami untuk kembali mengukir prestasi," lanjut Ermyka. 

Apalagi, Ermyka berpendapat bahwa Energen Champion SAC Indonesia merupakan wadah yang tepat agar anak-anak muda bisa menyukai olahraga. Sehingga peminatnya akan bertambah banyak. "Mereka bisa mengukir sejarah, memperbanyak pengalaman dan mencetak prestasi yang lebih baik di dunia atletik lewat SAC ini," kata Ermyka. 

Di mata Ermyka SAC Indonesia juga merupakan event yang sangat tertata rapi dari segi persiapan dan parktiknya di lapangan. Selain itu, adanya SAC saat ini membuat guru-guru olahraga di Jakarta berlomba-lomba mendaftarkan dan melatih muridnya dalam mengikuti SAC tahun ini. 

Tahun ini, SMPN 8 Jakarta memiliki target untuk mempertahankan gelar juara estafet 5x80 meter. Selain itu, mereka ingin menambah medali untuk nomor estafet. Dengan formasi baru ini, SMPN 8 Jakarta siap menajamkan Catatan waktunya. 

Baca Juga: Tim Putra SMPN 8 Jakarta Merajai Nomor Estafet di Jakarta-Banten Qualifiers

"Nah, dari situ saja dapat disimpulkan bahwa memang SAC Indonesia ini sudah menjadi event bergengsi dalam memajukan dunia atletik dan untuk mengharumkan nama sekolah dengan prestasi," lanjut Ermyka. 

Nantinya, SMPN 8 Jakarta akan tampil dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023-Jakarta-Banten Qualifiers. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan digelar pada 29, 30 September dan 1 Oktober 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan digelar di Jakarta.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES