SMAN 16 Medan sangat serius untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Setelah mengantongi banyak pengalaman dan evaluasi dari keikutsertaan tahun lalu, sekolah tersebut menggandakan pasukannya di SAC Indonesia. Tahun ini, SMAN 16 Medan mengirimkan siswa untuk nomor 1.000 meter dan estafet. 

Menurut Hasmar Bakti, guru PJOK SMAN 16 Medan, anak didiknya begitu bersemangat dalam menghadapi Energen Champion SAC Indonesia musim baru. Pasalnya, kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu dapat memberi ruang bagi pelajar untuk bersaing dalam kompetisi olahraga yang bergengsi. 

"Saya tentunya mengapresiasi acara ini. Juga melihat anak-anak itu sangat semangat latihannya. Saya memberikan mereka program-program khusus untuk melatih fisik dan daya tahan anak-anak," kata Hasmar. 

Hasmar berharap bahwa anak didiknya bisa tampil maksimal dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Pasalnya, tahun ini penyelenggaraan SAC akan mencakup seluruh Sumatra. Bukan hanya dari Sumatra Utara saja. "SMAN 16 Medan dengan adanya modal ekstrakurikuler atletik pasti ada persiapan yang lebih matang lagi," lanjut Hasmar. 

Hasmar juga mengapresiasi konsep kompetisi SAC Indonesia yang dibuat untuk non atlet. Ia ingin prinsip itu dipegang terus oleh SAC Indonesia. Pasalnya, hanya SAC yang menargetkan sekolah. "Semoga konsep kompetisi untuk non atlet PPLP itu dipegang dengan sungguh-sungguh, dan peserta yang ikut harus benar-benar diseleksi dari atlet atau tidaknya," terang Hasmar. 

suasana ekstrakurikuler SMAN 16 Medan ketika berlatih atletik

Nantinya, SMAN 16 Medan akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers, yang akan digelar pada 1-3 September 2023. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia tersebut akan diselenggarakan di Stadion Unimed, Medan. 

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan diselenggarakan di enam regional qualifiers. Mulai dari Sumatera, West Java, Bali Nusra, Jakarta Banten, East Java dan Central Java. (*)

  RELATED ARTICLES